Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 12.000 lebih penyandang disabilitas di seluruh Indonesia mengikuti jalan santai memperingati Hari Internasional Penyandang Cacat sekaligus Hari Relawan yang jatuh pada tanggal 3 Desember setiap tahunnya.

Ibu Negara Ani Yudhoyono melepas langsung jalan santai yang diikuti sekitar 1.000 orang penyandang disabilitas pada peringatan kali ini yang dipusatkan di Radio Republik Indonesia (RRI) Pusat, Medan Merdeka Barat, Jakarta, Minggu.

Pengibaran bendera "start" tanda dimulainya kegiatan jalan santai bagi para penyandang disabilitas tersebut dilakukan Ibu Negara pada pukul 7.30 WIB, yang juga direlay oleh 77 stasiun penyiaran RRI secara sentral ke seluruh pelosok di tanah air.

Bersamaan dengan para penyandang disabilitas melakukan jalan santai, Ibu Negara Ani Yudhoyono melakukan dialog interaktif di auditorium Yusuf Ronodipuro RRI yang membahas kepedulian masyarakat terhadap penyandang disabilitas, serta upaya-upaya meningkatkan apresiasi dan inspirasi bagi mereka.

Pada kesempatan tersebut Ibu Negara memberikan semangat kepada para penyandang disabilitas di tanah air agar selalu optimistis dalam berkarya dan berprestasi di berbagai bidang guna membangun bangsa.

Ia juga meminta agar penyandang disabilitas tidak berkecil hati karena pada dasarnya semua sama adalah mahluk Tuhan yang memiliki hati dan keinginan untuk dapat terus hidup damai.

RRI mencatat 12.173 orang penyandang disabilitas mengikuti jalan santai ini di 38 daerah, baik di provinsi, kabupaten, maupun kota. Beberapa lembaga relawan, kelompok lintas agama dan kemanusiaan, serta lembaga sosial seperti Ikatan Relawan Sosial Indonesia (IRSI), HIPENCA, BK3S, Yayasan Asih Budi, Dompet Dhuafa, Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial (DNIKS), PPCI, AUS-AID, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota, serta Kementerian Koordinasi Kesejahteran Rakyat (Kemkokesra).
(ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011