Untuk total peredaran uang tahun ini Rp3,8 triliun diantaranya dipenuhi oleh Bank Indonesia dan Rp1,8 triliun dipenuhi dari transaksi uang kartal antarbank
Solo (ANTARA) - Peredaran uang di Solo Raya selama periode Ramadhan dan Lebaran 2022 mencapai Rp5,6 triliun atau lebih tinggi dari realisasi tahun sebelumnya sebesar Rp4,3 triliun.

"Untuk total peredaran uang tahun ini Rp3,8 triliun diantaranya dipenuhi oleh Bank Indonesia dan Rp1,8 triliun dipenuhi dari transaksi uang kartal antarbank," kata Kepala BI Kantor Perwakilan Surakarta Nugroho Joko Prastowo di Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Ia mengatakan realisasi tersebut merupakan pertanda baik bahwa Lebaran kali ini mampu menggerakkan perekonomian, khususnya dari sisi konsumsi masyarakat.

"Baru kali ini setelah pandemi dua tahun ada libur panjangnya, total libur sembilan hari, boleh mudik, dan tidak ada penyekatan. Ini mendorong konsumsi. Dari indikator permintaan uang sudah dapat leading bahwa Lebaran kali ini makin menggerakkan ekonomi, mempercepat laju perekonomian," katanya.

Baca juga: BI siapkan uang tunai Rp175,26 triliun untuk penuhi kebutuhan Ramadhan

Bahkan berdasarkan data untuk realisasi peredaran uang selama Ramadhan dan Lebaran kali ini lebih tinggi dibandingkan tahun 2019 yang pada saat itu realisasinya mencapai Rp4 triliun.

Sementara itu terkait dengan arus uang masuk usai periode Lebaran, dikatakannya, saat ini mulai terlihat.

"Data kemarin uang masuk ke BI Surakarta mencapai Rp1,1 triliun. Besok dari perbankan ada yang masuk sekitar Rp1 triliun, sehingga kalau tidak ada tambahan maka satu minggu pertama hari kerja ini ada sekitar Rp2,1 triliun uang yang masuk ke BI," katanya.

Melihat tren tahunan, puncak arus uang masuk usai Lebaran biasanya terjadi pada bulan pertama aktif kerja.

"Saat ini realisasinya sudah mencapai 40 persen di minggu pertama," katanya.

Baca juga: Uang beredar selama Lebaran 2022 diperkirakan capai Rp250 triliun
 
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022