Beijing (ANTARA) - Sektor ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) China telah menyaksikan perubahan historis, holistik, dan struktural selama satu dekade terakhir, seperti disampaikan seorang pejabat setempat pada Kamis (12/5).

"China telah sepenuhnya terintegrasi ke dalam jaringan inovasi global, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologinya menunjukkan rancangan dan tren pengembangan keseluruhan sektor tersebut dengan karakteristik era baru," kata Wakil Menteri Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China Li Meng dalam sebuah konferensi pers.

Pada 2021, belanja China di bidang penelitian dan pengembangan (litbang) mencapai 2,7 kali dari level pada 2012, mencatatkan rekor tertinggi baru 2,44 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) China, dan belanja penelitian dasar negara tersebut 3,4 kali dari level pada 2012, ujar Li.

China naik ke peringkat 12 pada Indeks Inovasi Global 2021, naik dari peringkat 34 pada 2012, menjadikannya satu-satunya negara di dunia yang mencapai peningkatan berkelanjutan dan pesat, kata Li.

Selama satu dekade terakhir, level penelitian ilmiah China dan kekuatannya dalam disiplin ilmu sains secara keseluruhan meningkat signifikan, dengan beberapa disiplin ilmu mencapai level terdepan di dunia, ujar dia.

Selain itu, banyak peralatan canggih dan sistem yang dikembangkan secara mandiri telah digunakan, yang secara efektif mempromosikan peningkatan industri yang pesat.

Perkembangan IPTEK China menjadi kekuatan pendorong utama yang mendukung dan memimpin pembangunan ekonomi berkualitas dan perbaikan mata pencaharian rakyat China, ujar Li. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022