Ternate (ANTARA News) - Sebanyak Sembilan pendaki di Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara (Malut), ditemukan selamat, setelah sebelumnya dilaporkan hilang menyusul meletusnya gunung api itu pada Minggu malam.

Anggota DPRD Kota Ternate, Asghar Saleh yang ikut melakukan pencaharian terhadap para pendaki tersebut ketika dihubungi, Senin, mengatakan kesembilan pendaki tersebut dalam kondisi baik dan saat ini telah diantar pulang ke rumah masing-masing.

Kesembilan pendaki dari Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ternate tersebut mendaki di Gunung Gamalama pada Minggu sore dan beberapa saat mereka sampai di puncak Gunung Gamalama, gunung itu meletus.

Sembilan pendaki dari Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Ternate itu diketahui mendaki di Gunung Gamalama dari rekan mereka yang datang melapor ke Pemkot Ternate pasca-meletusnya gunung itu.

Menurut Asghar, sesuai penuturan para pendaki tersebut, begitu melihat kawah Gunung Gamalama mengeluarkan abu vukanik, mereka langsung bergegas turun dan beruntung mereka membawa berbagai peralatan seperti lampu senter, sehingga mengatasi kegelapan dalam perjalanan.

Para pendaki tersebut sudah sering melakukan pendakian di gunung setinggi 1700 meter dari permukaan laut itu, sehingga kendati turun pada malam hari disertai hujan deras bercampur abu vulkanik, tidak mengalami kesulitan untuk melewati jalan turun yang terjal.

"Kami tadi pagi sudah berangkat untuk melakukan pencaharian terhadap para pendaki tersebut, dan syukur kami menemukan mereka dalam keadaan selamat dan sehat dalam perjalanan turun, tepatnya di sekitar Pos Pemantau Gunung Gamalama di kawasan Marikurubu," kata Asghar Saleh.

Kesembilan anggota Mapala dari STAIN Ternate itu diketahui mendaki di Gunung Gamalama setelah rekan mereka pulang dari Gunung Gamalama pada Minggu sore.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011