Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mengingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir di lereng timur dan pegunungan Sumatera Utara.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut berpotensi dapat menyebabkan banjir dan longsor," kata Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Utami Al Khairiyah di Medan, Jumat.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia

Secara umum cuaca di Sumut pada Jumat siang berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kepulauan Nias, Samosir, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Toba, Mandailing Natal, Asahan, Karo, Simalungun, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu, Labuhan Batu selatan dan sekitarnya.

Malam hari berawan dan berpotensi ringan hingga lebat di sebagian besar Sumatera Utara dan dini hari umumnya berawan, potensi hujan ringan berpeluang terjadi di wilayah Langkat, Karo, Deli Serdang, Medan dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG cek instrumen peringatan dini gempa-tsunami wujudkan nihil korban

Suhu udara 17.0-33.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60-95 persen dan angin berhembus dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 10-30 km/jam.

Sementara berdasarkan pantauan sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20 terpantau satu titik panas di Sumatera Utara, yakni di Kecamatan Kampung Rakyat, Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Pewarta: Juraidi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022