Seoul (ANTARA News) - Samsung Electronics, pembuat chip memori terbesar di dunia, mengatakan akan mendirikan sebuah unit produksi di China untuk memproduksi chip memori yang khusus digunakan untuk komputer tablet dan ponsel pintar.

Samsung berencana memulai konstruksi pabrik chip flash NAND pada 2012 untuk operasi tahun berikutnya jika pemerintah Korea Selatan menyetujui rencana ini.

Perusahaan-perusahaan Korea Selatan membutuhkan persetujuan pemerintah saat mereka membangun pabrik-pabrik yang strategis, kunci atau sensitif di seluruh dunia.

Jun Dong-Soo, Presiden bisnis memori pada seksi solusi perangkat-nya Samsung, mengatakan bahwa pabrik baru ini akan membantu peruahaan memenuhi tuntutan pertumbuhan.

"Pabrik memori flash NAND baru ini akan membuat kita bisa memenuhi meningkatnya permintaan dari pelanggan kita dan saat yang sama bisa memperkuat keseluruhan daya saing kita dalam industri memori," katanya dalam satu pernyataan seperti dikutip AFP.

Permintaa melemah pada chip DRAM (dynamic random access memory) yang digunakan pada PC, sehingga harganya tertekan dan membuat para pembuat chip mengadopsi teknologi yang lebih maju.

Namun pasar chip memori flash meledak berkat tumbuhnya permintaan dari perangkat mobile seperti komputer tablet dan ponsel pintar.

Samsung menguasai pangsa pasar 41,6 persen di pasar DRAM global pada kuartal kedua tahun ini, kata perusahaan riset IHS iSuppli.

Harga sahamnya di pasar dunia untuk chip flash NAND juga 41,6 persen di priode yang sama. (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011