Baghdad (ANTARA News) - Angkatan darat AS Rabu mengalihkan pangkalan militer utama kepada pasukan Irak di provinsi barat Anbar dekat perbatasan dengan Yordania dan Arab Saudi, kata seorang pejabat pemerintah.

"Hari ini kami mengambil kendali pangkalan udara Al-Assad di provinsi Anbar, salah satu pangkalan terpenting di negara ini," kata Hussein al-Assadi, yang menandatangani pengalihan itu atas nama pihak berwenang Irak, kapada AFP.

"Kami telah menerima 501 pangkalan udara, termasuk Al-Assad, dan hanya ada empat yang tersisa (dalam kendali AS.) Ini terletak di Hilla, Diwaniyah, Basra, dan Nasiriyah," katanya menunjuk empat pangkalan di selatan ibukota.

"Pangkalan Al-Assad dikembalikan kepada angkatan darat Irak namun akan diberikan kembali kepada angkatan udara," katanya, menambahkan bahwa pasukan Amerika akan meninggalkan pangakalan itu dalam "hari-hari mendatang."

Angkatan darat AS tidak dapat segera mengonfirmasi pengalihan itu, namun mengindikasikan dalam sebuah pernyataan bahwa "sekitar 8.000 militer dan pernonil sipil departemen pertahanan AS" masih berada di Irak. (K004)

Penerjemah: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011