Banda Aceh (ANTARA News) - Kesebelasan Mitra Kutai Kartanegara berhasil mengalahkan PSAP Sigli 3-2 pada lanjutan kompetisi Indonesia Super Leugeu (ISL) di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis petang.

Gol tim tamu diciptakan olah Hamka Hamzah, Jajang Mulyana, dan Arif Suyono, masing-masing pada menit ke-42, 44, dan 47, sedangkan gol balasan Laskar Aneuk Nagroe, julukan PSAP Sigli, diciptakan oleh Mathonsi Mfundo Cecil dan Abdul Faisal pada menit ke-7 dan 35.

Sejak peluit "kick off" ditiup wasit Yandri, PSAP langsung menekan. Hasilnya baru tujuh menit babak pertama berjalan, anak-anak PSAP langsung menciptakan keunggulan melalui sundulan Mathonsi Mfundo Cecil.

Gol tersebut tercipta setelah Cecil menerima umpan lambung hasil tendangan bebas dari sayap kanan, setelah pemain kesebelasan Mitra Kukar menggajal Feri Komul, pemain PSAP Sigli. Skor 1-0 untuk Laskar Aneuk Nanggroe.

Penampilan anak asuh Arman sangat gemilang, serangan demi serangan terus mereka bangun, sehingga kerja Hamka Hamzah dan kawan-kawan harus ekstra ketat.

Gol kedua PSAP Sigli kembali tercipta berkat sontekan yang dilakukan oleh Abdul Faisal pada menit ke-35.

Gol tersebut lahir setelah Sayuti berhasil melewati dua pemain belakang Mitra. Saat Sayuti melihat banyaknya pemain lawan menghadang bola tersebut ia berikan bola kepada Abdul Faisal yang berdiri di depan gawang dan langsung menendang bola ke sebelah kanan penjaga gawang Mitra Kukar, Hendro Kartiko. Skor 2-0 untuk PSAP.

Malapetaka terjadi pada menit ke-42 setelah Hamka Hamzah berhasil menyundul bola ke sebelah kiri penjaga gawang PSAP yang dikawal oleh Fakhrurrazi.

Bola tersebut hasil dari tendangan bebas karena salah seorang pemain PSAP Sigli mengganjal pemain Mitra Kukar. Skor 2-1 untuk PSAP.

Gol kedua untuk tim tamu kembali tercipta melalui sundulan Jajang Muliana dari tendangan bebas sayap kanan. Hingga babak kedua skor imbang 2-2.

Memasuki babak kedua, Simon Mcmanemi mencoba mengubah posisi dimana ia menggantikan Heru Nerli dengan Zulham Zamrun. Strategi tersebut terbilang bagus, buktinya tiga menit babak kedua dimulai, Ari Suyono menambah keunggulan menjadi 2-3. Hingga babak kedua berakhir skor 2-3 untuk Mitra Kukar.

Sekretaris kesebelasan PSAP Sigli Yusni Imran mengatakan, skuadnya sudah bermain bagus, hanya saja materi yang masih kurang karena waktu latihan yang sangat sempit.

"Persolan tidak bisa ditampilkan pemain asing juga menjadi faktor hasil terbalik," kata dia.

Pelatih Mitra Kukar Simon Mc Menemi menyatakan senang dengan hasil yang ditorehkan anak asuhnya.

"Kita senang dengan hasil ini namun yang terpenting pertandingan ini bisa membuat masyarakat senang dan terhibur," katanya.

Ia juga menyesalkan sikap wasit yang tidak memberikan pelanggaran saat seorang pemainnya diganjal keras oleh skuad PSAP Sigli.
(ANT-286/M029)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011