Jakarta (ANTARA News) - Grup musik britpop asal Inggris Blur, dipastikan akan menerima penghargaan Brit Awards 2012 atas kontribusi luar biasa mereka di dunia musik.

Seperti diwartakan BBC, hal itu datang 21 tahun setelah debut mereka di dunia musik dan 17 tahun sejak mereka memenangkan empat penghargaan Brits atas album mereka yang bertajuk Parklife.

"Menyenangkan semua karya kita dikenali dan mengalami semua duka dan semua kesenangan yang hilang dalam band ini," ujar pentolan band itu Damon Albarn.

Keempat anggota yang ada merombak musik band itu pada musim panas 2009 tetapi memilih untuk bubar setelah serangkaian pertunjukan outdoor kelas atasnya.

Blur akan menerima penghargaan itu pada ajang perayaan Brits di bulan Februari mendatang yang akan diadakan di London 02 Arena.

Sejauh ini belum ada komentar yang dilontarkan mengenai apakah band itu akan tampil pada malam itu. Sang gitaris Graham Coxon mengatakan band itu tak pernah berubah formasinya selama tahun-tahun ini.

"Menjadi bagian sebuah band yang telah lama ini seperti sebuah perjalanan. Kami kelompok yang sama dan kami pernah bersama, kami mendarat di era yang berbeda.Atau pastinya kami sepenuhnya Blur yang berbeda yang masih memainkan musik lama di tahun 1991 selamanya, saya belum memastikannya," katanya.

"Tetapi hal itu selalu menyenangkan mendapatkan Brit Award," tambah Coxon

Band itu sebelumnya hanya sukses pada penghargaan itu di tahun 1995 ketika popularitas britpop meledak. Mereka memperoleh kategori album terbaik, single terbaik, video terbaik dan grup terbaik.

Pemenang sebelumnya atas kategori Outstanding contribution Award adalah Paul McCartney ,Paul Weller dan Oasis.

Patung penghargaan brits tahun ini dirancang oleh Peter Blake. Seniman yang dikenal merancang sampul kolase untuk album The Beatles Sgt Pepper's Lonely Hearts Club.

Blur merombak serangkaian penampilannya di tahun 2009, termasuk dua penampilannya di Hyde Park London dan sebuah bagian headline di Glastonbury.

Meskipun ada rumor mengenai rekaman terbarunya, band itu menyebut halangan itu ke reuni yang akan diadakan pada akhir musim panas.

Daftar lengkap mengenai nominasi Brit Awards akan diumumkan pada 12 Januari di London's Savoy Hotel.(yud)






Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011