Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah rangkuman berita terkini tentang invasi Rusia di Ukraina.

* Amunisi putih dan menyala terang terlihat mengalir di pabrik baja Azovstal di Mariupol yang menurut pakar militer Inggris seperti serangan senjata fosfor atau senjata pembakar.

* Intelijen militer Inggris mengatakan serangan Rusia di wilayah Donbas, Ukraina "telah kehilangan momentum dan jauh dari rencana".

* Pengungsi dari Mariupol mengungkapkan betapa hancurnya kota pelabuhan itu ketika mereka tiba di Zaporizhzhia, wilayah yang masih dikuasai Ukraina, dalam iring-iringan kendaraan setelah menunggu berhari-hari agar diizinkan keluar oleh pasukan Rusia.


Baca juga: Rombongan pengungsi dari Mariupol tiba selamat di Zaporizhzhia

* Rusia mengatakan pasukannya telah menghantam pos-pos komando, depot amunisi dan peralatan militer lain milik Ukraina, termasuk di wilayah Donbas, dan menewaskan sedikitnya 100 "nasionalis" Ukraina.

* Finlandia, negara tetangga Rusia, akan mengajukan keanggotaan NATO, kata presidennya, Sauli Niinisto, dalam sebuah perubahan kebijakan penting yang dipicu invasi Rusia di Ukraina.

* Partai Sosial Demokrat yang berkuasa di Swedia siap mendukung bergabungnya negara itu dengan NATO, memuluskan jalan untuk segera mengajukan keanggotaan dan mengakhiri era militer tidak memihak yang berlangsung puluhan tahun.


Baca juga: Dampingi Presiden ke AS, Mendag sebut perang perberat perekonomian

* Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengaku dirinya bertemu Menlu AS Antony Blinken di Berlin. Dia mengatakan "lebih banyak senjata dan bantuan sedang menuju Ukraina".

* Para menlu negara-negara G7 berjanji untuk memperkuat isolasi ekonomi dan politik terhadap Rusia, melanjutkan pengiriman senjata ke Ukraina dan mengatasi kelangkaan pangan global yang disebabkan oleh perang.

Sumber: Reuters


Baca juga: Rudal hantam infrastruktur militer di wilayah Lviv Ukraina

Baca juga: Menhan AS dan Rusia gelar pembicaraan via telepon

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2022