Karakas (ANTARA News) - Presiden Venezuela Hugo Chavez menyambut kemenangan besar partai pimpinan PM Rusia Vladimir Putin dalam pemilu yang diprotes oposisi karena dituduh curang.

Chavez  mengharapkan kemenangan dalam pemilihan presiden mendatang yang akan diselenggarakan Maret, kata satu pernyataan kementerian luar negeri seperti dikutip AFP.

Putin bertujuan memenangkan pemilu mendatang untuk kembali menjadi presiden yang kini dipegang sekutunya Dmitry Medvedev sejak Mei 2008.

Sekitar 1.600 orang ditahan dalam tiga hari protes di Moskow dan Saint Petersburg.  Demonstran menuduh terjadi kecurangan dalam pemilihan parlemen yang membuat Partai Rusia Bersatu menang kendati jumlahnya suaranya menurun.

Para penyelenggara unjuk rasa berikrar untuk menggelar demonstrasi besar-besaran di Moskow akhir pekan ini sehingga Medvedev terpaksa menyerukan masyarakat tenang.

Chavez memuji hasil pemilihan itu dalam satu percakapan telepon dengan Putin yang dilakukan bersamaan dengan pertemuan tingkat pejabat tinggi antar kedua negara di Moskow, Kamis.(*)

H-RN/B002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011