Sejauh ini tidak ada kendala di lapangan,
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur menambah alat berat untuk mempercepat pembangunan saluran keluar (oulet) Waduk Cawang di RW 01, Kelurahan Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Suku Dinas SDA Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri mengatakan satu unit alat berat jenis wheel excavator ukuran medium sudah hadir serta akan datang pada Rabu esok  satu unit excavator long arm.

"Pembuatan outlet saluran pembuangan dari Waduk Cawang ke Kali Ciliwung terus kita kebut. Sejauh ini tidak ada kendala di lapangan," kata Tengku Saugi Zikri di Jakarta, Selasa.

Saugi menambahkan pembuatan waduk saat ini memasuki tahap penggalian dengan kedalaman antara tiga hingga tujuh meter sepanjang 87 meter. Dalamnya lahan yang digali karena banyak ditimbun puing material bangunan.

Saugi mengatakan usai digali menggunakan alat berat, akan langsung dipasangi beton U Ditch ukuran 1,2 x 1,2 meter sepanjang 87 meter.

Selanjutnya dikoneksikan dengan aliran kali alam sepanjang 50 meter. Kali alam ini akan dinormalisasi dan dipasangi turap batu kali tinggi 1,5 meter lebar dua meter. Di lokasi saat ini sudah disiapkan 20 unit beton U Ditch.

"Untuk mencegah terjadinya longsor dampak dari penggalian, nantinya setelah beton U Ditch terpasang, akan dipasangi kayu dolken di sisinya," ujar Saugi.

Lebih lanjut, dia mengatakan selama pembangunan waduk dan outlet saluran pembuangan, pihaknya juga menyiagakan dua unit pompa mobile berkapasitas 300 liter per detik di lokasi untuk antisipasi adanya genangan di pemukiman warga RT 04 dan 05 RW 01 Cawang.

"Harapannya jika waduk ini sudah jadi, air limbah dari warga dan Apartemen Signature Park serta dari air hujan di Jalan Dewi Sartika bisa masuk dan tertampung di Waduk Cawang. Kemudian dialirkan secara gravitasi melalui outlet saluran pembuang ke Kali Ciliwung ini," tutur Saugi.
Baca juga: Sudin SDA Jaktim mulai bangun saluran Waduk Cawang
Baca juga: Pemkot Jaktim patok lahan untuk pembuatan Waduk Cawang
Baca juga: Pemkot Jaktim patok lahan untuk pembuatan Waduk Cawang

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022