Berlin (ANTARA News) - Borussia Moenchengladbach kehilangan kesempatan untuk memuncaki klasemen Liga Jerman pada Sabtu, setelah menelan kekalahan yang mengejutkan dari tim zona degradasi, Augsburg.

Sementara itu, Werder Bremen kembali ke jalur perebutan gelar setelah menang 4-1 atas Wolfsburg, lapor AFP.

Di saat pemimpin klasemen, Bayern Muenchen, baru akan bermain melawan VfB Stuttgart pada Minggu, Gladbach semestinya dapat menyingkirkan Bayern dengan keunggulan sementara dua poin, tetapi mereka harus takluk 0-1 dari Augsburg. Bagi Augsburg, ini adalah kemenangan ketiganya musim ini.

Gelandang Augsburg, Jan-Ingwer Callsen-Bracker, mencetak gol terpenting ke gawang bekas klubnya di menit ke-51. Klub kecil asal Bavaria tersebut pun mendapatkan kemenangan penting, yang membuat mereka naik satu tingkat dari dasar klasemen.

Hanya dua poin yang memisahkan lima tim teratas di klasemen sementara.

Gladbach bermain tanpa diperkuat bintangnya, Marco Reus, yang masih berupaya memulihkan diri dari cedera tumit di kaki kiri, tetapi mereka frustasi dengan determinasi yang diperlihatkan tuan rumah.

Kekalahan ini membuat Gladbach terlempar ke posisi empat, namun mereka hanya tertinggal satu poin atas Bayern, Schalke 04 yang berada di posisi kedua, dan tim posisi ketiga, Borussia Dortmund, yang akan menjamu Kaiserslautern pada Minggu.

Bremen berada di posisi kelima, namun hanya tertinggal dua poin dari Bayern, setelah mereka menghancurkan Wolfsburg, di mana bek asal Yunani, Sokratis, membuat tuan rumah memimpin pada menit-menit awal.

Pada menit ke-45, penyerang Peru, Claudio Pizarro, menggandakan keunggulan timnya. Ini merupakan gol liga ke-12 bagi Pizarro musim ini, sebelum Markus Rosenberg mencetak gol ketiga setelah turun minum.

Marko Arnautovic, yang turun sebagai pemain pengganti, mencetak gol keempat saat pertandingan tinggal menyisakan 19 menit.

Bek Wolfsburg, Marcel Schaefer, mencetak gol hiburan, ketika tembakan melengkungnya berhasil memperdaya kiper Tim Wiese.

Freiburg menggantikan tempat Augsburg di dasar klasemen, setelah mereka dikalahkan Cologne dengan skor 0-4. Pada pertandingan tersebut, Lukas Podolski menyumbang dua gol untuk kemenangan Cologne.

Pada Sabtu, Schalke 04 mengakui kalau mereka tertarik mendatangkan Podolski, yang telah mencetak 13 gol di musim ini.

Schalke menang 2-1 atas Hertha Berlin pada Jumat, dan naik ke posisi kedua, meski memiliki koleksi poin yang sama dengan Bayern, mereka kalah selisih gol.

Penyerang Belanda, Klaas-Jan Huntelaar, mencetak gol pembuka di menit ke-20, dan membuat catatan golnya di liga menjadi 14 gol, sekaligus membuat dirinya memimpin daftar pencetak gol terbanyak di Jerman.

Hertha, yang datang ke pertandingan tersebut dengan bekal buruk yakni tiga kekalahan dan satu kali seri, menyamakan kedudukan lima menit kemudian melalui sundulan pemain internasional Kolumbia, Adrian Ramos.

Namun pasukan Huub Stevens mengunci tiga poin, ketika pemain muda Finlandia, Teemu Pukki, mencetak gol beberapa saat sebelum babak pertama usai. (RF/A016)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011