Program ini diluncurkan BRI untuk mempermudah masyarakat dalam bertransaksi di pasar-pasar tradisional, termasuk Pasar Raya Solok
Solok (ANTARA) - Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Solok mengenalkan aplikasi Pasar.id dan Stroberi berbasis teknologi untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi di Pasar Raya Solok, Sumatera Barat.

“Program ini diluncurkan BRI untuk mempermudah masyarakat dalam bertransaksi di pasar-pasar tradisional, termasuk Pasar Raya Solok,” kata Kepala BRI Cabang Solok Alghani saat beraudiensi dengan pemerintah Kota Solok di Solok, Selasa.

Selain itu kedua program berbasis teknologi itu juga dinilai cocok untuk membantu pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah setempat.

Solusi Transaksi Elektronik BRI (Stroberi) merupakan layanan berbasis elektronik terpadu guna meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM. Melalui beragam layanan, kata dia, bisa menjawab berbagai permasalahan administrasi dan finansial bagi UMKM di pasar.

Aplikasi Stroberi terdiri atas tiga layanan utama, mulai dari layanan stroberi kasir untuk pengelolaan transaksi dan inventory management, Stroberi tagihan untuk pengelolaan tagihan, serta Stroberi order untuk pengelolaan sistem order dan pembayaran.

Baca juga: BRI gaet 48 ribu pedagang pasar tradisional jualan daring

Pasar.id merupakan web yang bisa membantu mempermudah transaksi. Masyarakat tidak perlu lagi datang ke pasar untuk membeli barang, tetapi cukup menunggu di rumah barang yang dipesan akan diantar kurir. Kedua program berbasis teknologi itu dinilai cocok untuk membantu pengembangan UMKM.

Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra menyambut positif inovasi dari BRI dalam memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM di Kota Solok.

Menurutnya, menghadapi tantangan ke depan perlu akselerasi dan inovasi berbagai pihak. Ia mengharapkan penerapan aplikasi dari BRI bisa membantu pelaku UMKM Kota Solok untuk berkembang.

Tentunya, kata dia, perlu pendampingan dari pihak BRI dan juga dinas terkait. Proses jual beli lebih cepat dan praktis sehingga perputaran ekonomi juga semakin cepat.

Selain itu perkembangan dunia di masa Industri 4.0 sangat pesat, siapa yang tidak bisa menyesuaikan diri akan tertinggal, katanya. Dibutuhkan akselerasi dan inovasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pelaku usaha di Kota Solok.

“Persiapkan aplikasi ini agar dapat efektif digunakan oleh masyarakat, bukan hanya sampai pada pembuatan aplikasi saja, tetapi juga edukasi kepada masyarakat tentang cara dan manfaat menggunakan aplikasi ini dalam bertransaksi,” kata Dhani.

Baca juga: BRI targetkan "website" pasar hadir di 15 kabupaten-kota Sulut

 
 

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022