Saya berterima kasih kepada Rektor UGM yang telah menyiapkan para akademisinya.....
Yogyakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengapresiasi Universitas Gadjah Mada (UGM) yang telah mengirimkan para akademisi untuk mendukung kesuksesan sidang kedua kelompok kerja ekonomi digital (Digital Economy Working Group/DEWG) G20 di Yogyakarta.

"Saya berterima kasih kepada Rektor UGM yang telah menyiapkan para akademisinya untuk memberikan dukungan terselenggaranya DEWG G20 dengan sukses," kata Johnny seusai menjadi pembicara kunci dalam Digital Experts Talk #10, di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, selain UGM, perguruan tinggi negeri lain yang menjadi mitra akademisi dalam sidang kedua DEWG G20 yakni Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Universitas Indonesia (UI).

UGM, kata dia, juga telah berkolaborasi bersama Pemerintah dalam mencetak talenta-talenta digital untuk masa kini dan masa mendatang.

Menurut Johnny, sidang kedua DEWG G20 di Yogyakarta berjalan lancar meski disertai diskusi yang alot berkaitan dengan substansi dan kebijakan digital di masa depan.

"Memang terjadi pergeseran atau bahkan terjadi diskusi yang alot menyangkut kepentingan-kepentingan negara-negara produsen teknologi dan negara-negara konsumen teknologi," kata dia.

Sidang kedua DEWG berlangsung secara hibrid dari tanggal 17 sampai dengan 19 Mei 2022 di Hotel Tentrem Yogyakarta. Sebanyak 15 delegasi negara G20 hadir secara langsung di Yogyakarta.

Selain Indonesia, pertemuan ini dihadiri delegasi Amerika Serikat, Argentina, Australia, Brasil, Prancis, Jerman, Inggris, India, Italia, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Turki, dan Uni Eropa.

Adapun delegasi lima negara hadir secara daring, antara lain Kanada, China, Meksiko, Afrika Selatan, dan Rusia.

Forum DEWG Presidensi G20 Indonesia 2022 mengangkat tema "Achieving Resilient Recovery: Working Together for More Inclusive, Empowering, and Sustainable Digital Transformation".

Forum itu dihadiri oleh 16 negara anggota G20, 2 negara undangan yaitu Singapura dan Kamboja, serta perwakilan International Telecommunications Union (ITU) dan Organization for Economic Cooperation and Development (OECD).
Baca juga: Menkominfo apresiasi kehadiran delegasi DEWG G20 di sidang kedua
Baca juga: DEWG G20 kedua fokus pada isu konektivitas digital

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022