Caracas (ANTARA News) - Venezuela telah mencapai kesepakatan dengan sebuah bank China untuk pinjaman empat miliar dolar AS guna membiayai pembangunan perumahan di negara Amerika Selatan itu, kata Presiden Hugo Chavez Selasa.

"Kemarin, kredit lain empat miliar dolar AS untuk Venezuela disepakati di Beijing dengan bank China lainnya, semua untuk membangun perumahan," kata Chavez dalam pidato di radio dan televisi, lapor AFP.

Chavez, yang berencana untuk mencalonkan diri pada pemilihan ulang untuk masa jabatan ketiga tahun depan, telah berjanji untuk membangun dua juta unit rumah baru yang didanai negara dalam enam tahun untuk meringankan kekurangan.

Perjanjian terbaru, ditandatangani selama kunjungan ke China oleh Menteri Perminyakan dan Energi Rafael Ramirez, datang beberapa hari setelah penandatanganan di Caracas, kredit dari China sebesar enam miliar dolar AS untuk industri minyak Venezuela.

Sekitar empat miliar dolar AS dari kredit itu untuk membiayai peningkatan produksi oleh perusahaan minyak China-Venezuela, Sinovensa, yang beroperasi di Orinoco Heavy Oil Belt, yang memegang cadangan minyak mentah terbesar di dunia.

Usaha patungan saat ini memproduksi 118.000 barel minyak per hari, tetapi tujuannya untuk meningkatkan produksi menjadi 1,1 juta barel per hari pada 2014.

Venezuela saat ini memproduksi rata-rata tiga juta barel minyak per hari.

Sisanya dari kredit enam miliar dolar AS itu akan digunakan untuk proyek-proyek pemurnian dan pembelian peralatan.

China telah memperpanjang saluran kredit sedikitnya 20 miliar dolar AS untuk Venezuela dalam beberapa tahun terakhir dan kedua negara memiliki dana 12 miliar dolar AS untuk proyek-proyek pembangunan bersama.

China telah menjadi mitra perdagangan kedua terbesar Venezuela setelah Amerika Serikat.

Pada November, Chavez mengatakan perdagangan bilateral dengan China akan meningkat dari 17 miliar dolar AS pada 2011 menjadi 20 miliar dolar AS tahun depan, dibandingkan dengan 300 juta dolar AS per tahun satu dekade lalu. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011