Bandung (ANTARA) -
Sejumlah perkumpulan generasi muda yang tergabung dalam Pemuda Nasrani di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, mendukung Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil untuk maju menjadi calon presiden pada Pemilu Presiden (Pilpres) Tahun 2024.
 
Koordinator Utama Anak Muda Gereja Sumedang (AMGS), Bagas Tarigan, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, mengatakan dia bersama belasan pemuda lainnya telah mantap untuk mendukung Ridwan Kamil untuk menjadi Presiden Indonesia berikutnya.
 
Dukungan tersebut, kata Bagas, didasari karena keinginannya dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang pandangannya saat ini mulai terganggu keutuhannya.
 
Bagas menilai Indonesia memerlukan pemimpin yang memiliki komitmen tinggi dalam menjaga persatuan dan kesatuan di tengah beragamnya perbedaan suku, agama, dan ras.
 
Terlebih, lanjut dia, di era yang serba terbuka ini, masyarakat rentan diadu domba oleh hal-hal yang mengedepankan perbedaan.

Baca juga: GNIJ deklarasi Ridwan Kamil Capres 2024
 
"Dan tidak bisa ditawar lagi, sekarang modal utama kita adalah kondusivitas dan kerukunan masyarakat. Kita tidak akan bisa membangun kalau ada perpecahan, ada konflik di antara masyarakat," kata dia.
 
Bagas menilai Ridwan Kamil sebagai sosok yang memiliki komitmen tinggi dalam menjaga keutuhan dan persatuan di masyarakat.
 
Menurut dia, ini terlihat dari pernyataan-pernyataan mantan wali kota Bandung itu yang merangkul semua pihak tanpa melihat latar belakang suku, agama, dan ras.
 
"Kami bisa lihat langsung di postingan-postingan di media sosialnya. Pak Ridwan Kamil sangat paham bahwa menjaga toleransi, persatuan dan kerukunan masyarakat merupakan modal utama Indonesia dalam membangun. Itu dulu," kata dia.
 
Dalam mengambil kebijakan pun, Bagas optimistis Ridwan Kamil akan berlaku adil tanpa membeda-bedakan sedikitpun.
 
"Pak Ridwan Kamil juga sangat merawat toleransi, tidak pandang bulu, menjadikan semua anak bangsa sebagai tuan rumah di Jawa Barat. Ini sangat terasa oleh teman-teman kami dari daerah lain yang kuliah di Jawa Barat," katanya.

Baca juga: Warga Garut membentuk tim dukung Ridwan Kamil maju Pilpres 2024
 
Lebih lanjut, dia mengajak generasi muda agar lebih berpikir cermat dalam menentukan pilihan.
 
"Pilihan kita akan menentukan nasib dan masa depan bangsa, masa depan kita," katanya.
 
Dengan jumlah yang banyak, pemuda menjadi sasaran empuk oleh partai dan politisi yang ingin mendulang suara dalam pemilu.
 
"Mari berpikir kritis. Kita perlu pemimpin yang inovatif, yang toleran yang mampu merangkul semua kalangan, dan memiliki pemahaman tentang kondisi saat ini dan bagaimana ke depan," katanya.
 
AMGS, kata dia, merupakan perkumpulan Pemuda Nasrani di kota tersebut yang didominasi mahasiswa.
 
"Selama ini kami rutin bertemu untuk diskusi apapun. Sekarang kami berdiskusi tentang siapa sosok presiden berikutnya. Dan kami sepakat akan mendukung Pak Ridwan Kamil," kata dia.

Baca juga: Relawan di Jakarta dukung Ridwan Kamil sebagai calon presiden

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022