... Madu Sumbawa, susu kuda liar Sumbawa, kuda Sumbawa, kerbau Sumbawa sudah resmi menjadi komoditas Sumbawa dan memiliki HAKI dari Kemenkumham...
Sumbawa Besar, NTB (ANTARA News) - Kalau terus-menerus begini, sehat semua siswa SLTP di Sumbawa Besar, NTB. Sebanyak 5.000 siswa SLTP di sana ramai-ramai minum madu alam sumbawa yang khasiatnya sudah kondang itu.

Pemberian madu sumbawa bagi ribuan siswa SLTP di sana itu jadi menu utama Gebyar Minum Madu Sumbawa, yang dipusatkan di Lapangan Sepakbola Pragas, Kecamatan Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa, NTB, Kamis.

Hadir pada acara tersebut Wakil Gubernur NTB, Badrul Munir, Kepala Badan Ketahanan Pangan NTB, Husnanidiaty Nurdin, Kepala Dinas Kehutanan NTB, Hartina, Ketua DPRD Sumbawa, Farhan Bulqiah, Sekretaris Daerah Sumbawa, Makmur Abdullah, dan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Sumbawa, Sigit Wiratsongko.

"Ini juga upaya agar kalangan pelajar gemar minum madu karena memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan dan kecerdasan otak. Selain itu, untuk memperingati HUT Ke-53 NTB dan HUT Kabupaten Sumbawa," kata Munir.

Bukan sekedar promosi dan basa-basi jika dia menyatakan madu sumbawa produk unggulan NTB, yang sudah memperoleh hak paten dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Madu sumbawa... sudah cukup? Masih ada lagi: susu kuda liar Sumbawa, kuda sumbawa dan kerbau sumbawa. Semua unggulan berlabel sumbawa ini juga sudah dinyatakan sebagai produk khas Pulau Sumbawa oleh pemerintah pusat.

"Madu Sumbawa, susu kuda liar Sumbawa, kuda Sumbawa, kerbau Sumbawa sudah resmi menjadi komoditas Sumbawa dan memiliki HAKI dari Kemenkumham. Wajar sekali kalau warga Sumbawa mencintai unggulan-unggulan ini dan mengonsumsi, di antaranya madu alam sumbawa," katanya.

Pengembangan dan pembinaan para pencari madu alam sumbawa ini juga menjadi bagian Program Kemitraan dan Bina Lingkungan BNI Cabang Sumbawa.

"Banyak peneliti, di antaranya dari Jepang, yang menilai madu alam sumbawa itu berkualitas sangat prima. Kami menganggap kesinambungan produksi dan proses pembuatan madu sumbawa dari alam ini harus dijaga sebaik mungkin agar memberi manfaat semaksimal mungkin bagi masyarakat," kata Pemimpin BNI Cabang Sumbawa, I Gusti Nyoman Darma Putra, beberapa waktu lalu.

Melalui PKBL, katanya, pembinaan kepada para pencari madu alam sumbawa itu tidak dilakukan secara begitu saja. "Kami memulai dari hulunya, dari pelestarian alam dan tumbuh-tumbuhan penghasil bunga. Konsep inilah yang kami tawarkan kepada masyarakat yang bergiat di komoditas ini karena lebah madu alam mendapat nektarnya dari tumbuhan di alam liar," katanya.

Kawasan binaan madu alam sumbawa itu, katanya, terletak di Kecamatan Semongkat, Kabupaten Sumbawa Besar, NTB. Masyarakat setempat memang telah lama dikenal sebagai pencari madu andal yang kualitas madu alamnya sangat prima. Lebah madu (Apini andreniformis) di sana juga sungguh bergantung pada eksistensi tumbuh-tumbuhan liar penghasil bunga setempat. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011