Jakarta (ANTARA) - Rumah Indonesia atau La Maison De L’Indonesie (LMDI) resmi dibuka pada Rabu (18/5) di Paris, Prancis dengan menampilkan warung kopi, toko Indonesia, galeri atau pameran bertema nusantara.

Setelah 3 bulan renovasi total, akhirnya pada 18 Mei, Rumah Indonesia Paris secara resmi dibuka, kata LMDI dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Acara peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan pemotongan tumpeng, dan juga ditampilkan tari-tarian nusantara Indonesia yang dibawakan oleh diaspora-diaspora Indonesia di Perancis.

Setelah 2 tahun berdiri dan mempromosikan produk-produk Indonesia di tengah pandemik di berbagai pameran di Perancis, Rumah Indonesia akhirnya memiliki gedung sendiri secara permanen untuk bisa melakukan kegiatan promosi produk-produk Indonesia secara maksimal.


Baca juga: Dalam perjalanan ke Mekkah, tiga pesepeda Indonesia singgah di Bangkok
 

Rumah Indonesia Paris berlokasi di daerah strategis untuk bisnis dan wisata karena terletak di daerah Montparnasse, tidak jauh dari stasiun Kereta Api Montparnasse, dan juga berlokasi di depan mal terbaru yang akan dibuka Juni 2022 dilengkapi dengan pusat makanan terbesar di Eropa (6000 m2)

Gedung seluas 125 m2 ini di dekorasi dengan nuansa Indonesia yang dikerjakan langsung oleh artis-artis berbakat dari Indonesia yang tinggal di Perancis.

Langit-langit disulap dengan dekorasi awan - awan bermotif mega mendung yang membuat sejuk dipandang.

Ada peta kopi nusantara yang diukir di atas kayu yang menunjukkan daerah-daerah penghasil kopi di Indonesia, dan juga ada 3 burung besar khas Indonesia yang dibuat dari kayu (Elang Jawa, Cenderawasih dan Enggang) dan lukisan mural sebesar 2 x 3 m terpajang di dinding yang berwarna-warni menampilkan budaya, tradisi, flora, dan fauna Indonesia.

Semua karya ini dikerjakan oleh artis-artis berbakat Indonesia yang menetap di Perancis dan memakan waktu 2,5 bulan.

Di Rumah Indonesia (LMDI) akan dijual biji-biji kopi Indonesia dalam bentuk grosiran dan tanpa limbah, serta pengunjung bisa mengambil sendiri. Terdapat pula  etalase produk-produk UMKM Indonesia dari bumbu-bumbu rempah, jamu, tepung-tepung alami, kecap kelapa, coklat Indonesia, moringa, teh Indonesia, dan masih banyak lagi.


Baca juga: Dubes RI resmikan forum ilmuwan kehutanan Indonesia di Jepang
 

Ada Warung Kopi Indonesia dimana pengunjung juga bisa mencicipi makanan Indonesia dan makan di tempat seperti nasi Uduk, nasi goreng, mie goreng dan mie ayam dengan cita rasa Indonesia. Pengunjung dapat menikmati berbagai makanan karena menu berganti setiap hari, sambil menikmati kopi, teh, coklat panas, atau jamu Indonesia.

Keunikan dari LMDI adalah selain menu kopi internasional, juga akan mempromosikan dan menjual kopi Tubruk dan Kopi Drip a la Indonesia , dan minuman popular Indonesia seperti Es Kopi Gula Aren.

Selain kopi dan teh, pengunjung bisa mencicipi juga Jamu Indonesia yang dibuat dengan cara kekinian.

Di Rumah Indonesia juga tersedia VITO’s corner (Visit Indonesia Tourism Office) dimana tersedia brosur dan peta daerah-daerah wisata Indonesia yang dibuat oleh Kemenparekraf

Barang-barang kerajinan Indonesia , wastra Indonesia dan buku-buku Indonesia tentang wisata, seni, masakan, dan gaya hidup juga akan dijual dan menghiasi Rumah Indonesia Paris.

Rumah Indonesia juga akan mengadakan kegiatan-kegiatan seperti lokakarya, seni, pameran foto, toko swalayan kecil, dan program-program lainnya untuk mempromosikan pariwisata dan produk-produk Indonesia di Perancis.


Baca juga: Militer Rusia klaim hancurkan pasokan senjata Barat di Ukraina

Baca juga: Hafidzah Trenggalek juara MTQ internasional negara OKI di Kazan


Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2022