Samarinda (ANTARA News) - Pemkot Samarinda dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat bertekad menjadikan Samarinda sebagai Kota Atlet sebagai bentuk dukungan kepada para atlet untuk meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

"Olahraga sekarang tidak sekadar hobi, tetapi telah menjadi industri sehingga para atlet tidak perlu khawatir mengenai masa depannya karena Pemkot Samarinda bersama instansi terkait akan memperjuangkan masa depan para atlet," kata Wali Kota Samarinda Syaharie Ja`ang pada acara peluncuran "Samarinda Kota Atlet" di Lapangan Parkir Gedung Olahraga Segiri Samarinda, Minggu (18/12).

Ia mengatakan, tidak ingin para atlet Kota Samarinda menjadi bingung akan masa depannya, oleh karena itu bersama instansi terkait akan memberdayakan atlet berprestasi baik di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda maupun lainnya.

Menurut dia, selama ini banyak atlet berprestasi membawa harum daerah, tidak mendapat perhatian dan tidak memiliki kesempatan kerja, sehingga tidak memiliki masa depan.

Namun dalam beberapa tahun terakhir mereka diberi kesempatan bekerja di pemerintahan. "Dengan demikian para atlet akan lebih bersemangat dan akan terus berupaya mempertahankan prestasi," katanya.

Sementara itu ketua KONI Samarinda, Rina Barito, mengatakan diprogramkannya Samarinda sebagai "Kota Atlet" merupakan bentuk dukungan pemerintah Kota Samarinda dan DPRD Kota Samarinda terhadap para atlet.

"Diharapkan para atlet semakin terpacu dalam mengejar prestasi dan mengharumkan nama Kota Samarinda tidak hanya di tingkat provinsi, tetapi juga di tingkat nasional, dan Internasional," kata Rina Barito.

Pada acara tersebut juga diserahkan secara simbolis pemberian bonus kepada para atlet dan pelatih dari Kota Samarinda yang berprestasi dalam SEA Games di Palembang dan Jakarta beberapa waktu lalu.

Selain itu diserahkan pula enam unit kontainer sampah dari Ketua KONI Samarinda kepada Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Samarinda, Sugeng Chairudin sebagai bentuk dukungan agar kota Samarinda tetap bersih.

Pelun curan "Samarinda Kota Atlet" ditandai dengan menekan tombol sirine secara bersama-sama yang dilakukan Wali Kota Samarinda, Syaharie Ja'ang, Ketua DPRD Samarinda Siswadi, Ketua KONI Samarinda Rina Barito dan Komandan Kodim Letkol Inf Junaidi.
(T.KR-GFR/A041)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011