Yogyakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri pada puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) mengatakan, kesetiakawanan sosial merupakan modal dasar dalam menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan bangsa.

"Peringatan HKSN menjadi momentum penting dalam menanamkan dan menjadi budaya bangsa kita dalam menghadapi tantangan dan permasalahan bangsa," kata Menteri Sosial di Yogyakarta, Senin.

Berbagai permasalahan sosial yang menjadi tantangan dan permasalahan bangsa di antaranya kemiskinan, bencana alam dan berbagai masalah lainnya.

Puncak peringatan HKSN 2011 berlangsung di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta yang dihadiri Wakil Presiden Boediono serta ibu Herawati, Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono serta sejumlah pejabat lainnya.

HKSN 2011 mengambil tema Kesetiakawanan Sosial Spirit Bangsa Indonesia. Diharapkan kesetiakawanan sosial dapat menjadi spirit kepada bangsa untuk bangkit dan membangun bangsa dalam menghadapi permasalahan dan tantangan.

Mensos menambahkan, peringatan HKSN menjadi agenda nasional sebagai ungkapan rasa syukur karena berdasarkan sejarah kesetiakawanan menjadi modal perjuangan dan modal dalam mewujudkan cita-cita nasional.

Pada peringatan HKSN tersebut juga diberikan penganugerahan tanda kehormatan Satyalencana Karya Bhakti kepada pihak-pihak telah berjasa dan mengabdi kepada bangsa dalam bidang pelayanan sosial.

Selain itu, pada kesempatan yang sama juga diserahkan bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni sebanyak 6.903 unit di 26 provinsi.
(D016)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011