memberikan pelayanan kesehatan maksimal bagi masyarakat
Bintan (ANTARA) - Sebanyak 130 anak dari keluarga kurang mampu di Kabupaten Bintan mengikuti sunat massal gratis yang digelar Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dalam rangka peringatan Hari Kesetiawanan Sosial Nasional (HKSN) 2023.

Selain itu, ratusan anak tersebut juga mendapatkan paket tali asih berupa uang transportasi, buku tulis, baju, kain sarung dan konsumsi yang diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad di Kantor Dinas Sosial Bintan, Senin.

"Sunat tidak hanya merupakan kewajiban bagi umat Islam, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan. Sunat membuat tubuh lebih sehat dan bersih, bahkan banyak umat agama lain yang melakukan sunat karena alasan yang sama," kata Gubernur Ansar Ahmad.

Ia menyampaikan bahwa acara ini merupakan bentuk kepedulian bersama dan kewajiban pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang kemampuannya terbatas untuk melakukan kewajiban terhadap anak-anaknya.

Baca juga: Mensos Risma bangkitkan kesetiakawanan sosial guna majukan bangsa
Baca juga: Kemensos libatkan pemulung Cilincing pilah sampah peringati HKSN


Ansar memastikan pemerintah daerah akan terus memprogramkan dua urusan penting, yaitu pembinaan sumber daya manusia (SDM) dan urusan kesehatan.

"Keduanya ibarat dua sisi mata uang, sebab orang pintar kalau sehat baru produktif. Mudah-mudahan anak-anak kita menjadi generasi yang sehat dan bermanfaat bagi bangsa Indonesia ke depan," ujarnya.

Ansar turut berpesan kepada orang tua supaya mendidik anak-anak sebaik mungkin. Sementara pemerintah terus berusaha bagaimana pendidikan maju dan berkembang dalam rangka menyongsong generasi emas 2045.

"Untuk itu, kerja sama dan sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan keluarga sangat penting dalam menciptakan SDM yang unggul. Masa depan Kepri, Indonesia, ada di tangan anak-anak kita,," tuturnya.

Baca juga: DPP LDII : Sambut HKSN dengan kerja sama dan peduli sesama
Baca juga: Pemkot Pangkalpinang: Aplikasikan semangat HKSN di tengah masyarakat


Dalam kesempatan ini, Ansar juga memaparkan beberapa program kesehatan yang telah dan akan dilaksanakan oleh Pemprov Kepri, seperti rumah singgah yang sudah diresmikan di Batam dan Jakarta.

Kemudian, pembangunan rumah sakit jiwa di Tanjung Uban di Bintan, dan pemasangan ring jantung yang sudah bisa dilakukan di RSUD Raja Ahmad Tabib di Tanjungpinang. Gubernur Ansar mengajak masyarakat memanfaatkan fasilitas-fasilitas kesehatan tersebut.

"Secara bertahap, pemerintah terus berupaya melengkapi sarana dan prasarana di rumah sakit milik daerah, guna memberikan pelayanan kesehatan maksimal bagi masyarakat," demikian Ansar.

Baca juga: RS Terapung Ksatria Airlangga gelar sunatan masal di Manggarai Barat
Baca juga: TNI gelar sunatan massal di Sentabai, desa pelosok Kalimantan Barat
Baca juga: MER-C adakan sunatan massal bagi anak di Papua

 

Pewarta: Ogen
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023