Jakarta (ANTARA News) - PT Agis Tbk menjalin kerja sama dengan Fujian Xinjifu Enterprise dari Fujian, China, dengan membentuk perusahaan patungan untuk meluluskan rencana diversifikasi usaha ke sektor pertambangan.

"Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan untuk membentuk joint venture dengan Fujian," kata Direktur Utama Agis Steven Kesuma dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Steven menambahkan, kedua perusahaan itu bersama-sama melakukan investasi dalam hal aset dan operasi di bidang sumber daya alam di Indonesia. Modal dasar dari joint venture itu sebesar 50 juta dolar AS atau sekitar Rp457 miliar, yang disetorkan secara bertahap.

"Agis akan menguasai 51 persen kepemilikan pada perusahaan hasil joint venture tersebut, sementara Fujian akan menguasai 49 persen kepemilikan sisanya," ujarnya.

Fujian Xinjifu merupakan perusahaan swasta asal China yang berpengalaman dalam beberapa jenis pertambangan, pabrik produksi dan perdagangan bahan logam dasar.

Pada saat yang sama, lanjutnya, perseroan juga menandatangani kesepakatan kerja sama dengan tiga pihak, yakni Agis, GMG International Engineering & Equipment Co. Ltd, serta Sterling Goldhill Sdn. Bhd dalam rangka impor dan ekspor serta perjanjian kerja sama (cooperation agreement).

"Kerja sama ini khususnya untuk melakukan aktivitas operasi di bidang pertambangan emas," katanya.

GMG International merupakan anak perusahaan dari Guangdong Machinery Imp&Exp. Co, Ltd., yang merupakan BUMN asal China yang sangat berpengalaman dalam operasi pertambangan. GMG International telah lama menjalin kerjasama dengan perusahaan energi di Indonesia, di antaranya adalah PT PLN Persero.

(KR-SSB/A023)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011