Tangerang Selatan (ANTARA News) - Pemateri Peran dan fungsi lembaga serikat pekerja (SP) sangat signifikan di sebuah perusahaan, terutama di perusahaan media, karena bisa menjadi tempat atau jembatan antara perusahaan dan pekerja.

General Manager Multimedia Perum LKBN ANTARA Adi Lazuardi ketika menjadi pembicara dalam seminar nasional bertema "Globalisasi Media Massa dalam Rangka Mengawal Demokrasi setelah Reformasi" di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (20/12).

"Serikat Pekerja dapat menahan, mengatur kondisi kerja, dan gaji perusahaan," katanya.

Ironinya, banyak perusahaan media yang menjunjung tinggi kebebasan pers, tetapi perusahaan itu mematikan peran dan fungsi serikat pekerja di perusahaan tersebut.  "Perusahaan media alergi dan kejam terhadap serikat pekerja," katanya.

Adi mencontohkan setiap perusahaan pers di Malaysia memiliki serikat pekerja dan mendukung peranan serikat pekerja di perusahaannya.

"Di Malaysia, tidak ada perusahaan media yang tidak memiliki serikat pekerja dan perusahaan pers selalu mendukung serikat pekerja," katanya. (adm)

Pewarta: D.Dj. Kliwantoro
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2011