Jakarta (ANTARA News) - Gerakan Muda (Gema) Hanura meminta Rapat Kerja Nasional Partai Hanura yang digelar di Jakarta 20-21 Desember 2011 menegaskan Jenderal (Purn) Wiranto sebagai calon presiden yang akan diusung partai itu pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014.

"Momentum rakernas sebagai ajang konsolidasi perlu mempertegas capres yang akan diusung oleh partai," kata Ketua Umum Gema Hanura Erik Satrya Wardhana di Jakarta, Selasa.

Menurut Erik, dengan mengumumkan sejak awal capres yang akan diusung oleh partai dalam pemilu mendatang, diharapkan kader dapat menjelaskan kepada rakyat bahwa seluruh program-progam perjuangan partai akan berhasil bila dipimpin oleh figur yang mempunyai integritas, komitmen, dan rekam jejak baik yang saat ini dipunyai oleh partai.

Gema Hanura mengajukan Wiranto, pendiri sekaligus Ketua Umum Partai Hanura, sebagai capres ke forum rakernas dan berharap disetujui sekaligus diumumkan ke publik pada saat puncak peringatan HUT ke-5 Partai Hanura.

Erik yang saat ini menjabat Wakil Ketua Komisi VI DPR RI itu menyatakan pengajuan Wiranto sebagai capres didasarkan pertimbangan terhadap beberapa aspek, diantaranya untuk menjaga dan memperkuat soliditas partai.

Secara resmi rakernas Partai Hanura memiliki tiga agenda utama, yaitu membicarakan tentang organisasi dan kelembagaan, pemenangan Pemilu 2014, dan rekomendasi-rekomendasi.

Wiranto sendiri menyatakan sampai saat ini partainya belum mewacanakan calon presiden maupun wakil presiden. Menurutnya, saat ini terlalu dini membicarakan persoalan itu.

Namun demikian, kata Wiranto, jika dalam rakernas berkembang pembicaraan mengenai capres maka hal itu merupakan hak peserta rakernas.

Terkait usulan agar dirinya ditetapkan sebagai capres Partai Hanura, Wiranto mengakui jika dukungan kepadanya itu ada, namun ia sendiri belum memikirkan untuk maju sebagai capres.

(S024)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011