Saya ucapkan terima kasih karena telah mengajak Aruna buat turut hadir pada acara ini
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi perikanan terintegrasi asal Indonesia Aruna menghadiri Pra-Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) III Youth 20 (Y20) Indonesia G20 di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 21 dan 22 Mei 2022.

Aruna lewat aplikasinya berkomitmen meringkas rantai pasok produk perikanan dengan menghubungkan nelayan skala kecil ke pasar global melalui teknologi.

"Akan segera menjadi salah satu penyokong utama dari Ibu Kota Negara, berbagai penghargaan nasional dan global telah banyak diperoleh oleh Balikpapan. Hal ini menjadi bukti bahwa budaya bersih dan wawasan lingkungan telah menjadi bagian dan ciri dari masyarakat dan pemerintah setempat. Mereka begitu teguh memegang prinsip kelestarian lingkungan," kata Utari Octavianty, Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna dalam keterangannya pada Senin.

Baca juga: Aplikasi karantina ikan KKP raih 5 besar inovasi pelayanan publik

KTT III Y20 Indonesia mengusung berbagai tema terkait isu prioritas yang dinilai krusial dan relevan bagi masyarakat global. Salah satu di antaranya adalah "Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni".

"Saya ucapkan terima kasih karena telah mengajak Aruna buat turut hadir pada acara ini. Kami pun menjadi kian bersemangat dalam menjaga komitmen kami untuk menggalakkan prinsip dan implementasi keberlanjutan, terutama pada ekosistem laut," katanya.

Sementara itu Head of Corporate Affairs Aruna Ratih Triutami Wijayanti mengatakan bahwa prinsip dan implementasi keberlanjutan sejatinya mampu membuka peluang investasi dan lapangan kerja. "Serta mendongkrak perekonomian nasional. Maka dari itu, Aruna terus berupaya untuk menggaungkan fokus tersebut dengan mengedukasi Nelayan Aruna tentang penangkapan terukur, serta penangkapan yang berorientasi ekspor."

Secara spesifik, dengan teknologi yang tengah Aruna kembangkan, Aruna digadang dapat meringkas mata rantai proses pasokan sambil mencatat transaksi harian guna mengoptimalkan data dan implementasi AI di masa depan. "Hal ini sangat selaras dengan objektif dari acara Pra-KTT III Y20 Indonesia ini."

Youth 20 merupakan ajang pertemuan kaum milenial dari berbagai negara peserta G20.

Dalam pertemuan masing-masing peserta akan menyampaikan hasil kegiatan yang telah dilakukan untuk mewujudkan planet berkelanjutan dan layak huni.

Baca juga: Ekonomi biru dongkrak perekonomian melalui investasi & teknologi

Baca juga: Aruna Indonesia wakili Asia Tenggara pada Google I/O 2022

Baca juga: Wamendag lepas ekspor olahan rajungan senilai 500 ribu dolar AS

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022