Jakarta (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi DKI Jakarta akan melanjutkan prakarsa memberdayakan usaha kecil melalui serangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan sebagai wujud program Gerakan Ayo Bangkit (GAB) yang diprakarsai H Aburizal Bakrie.

Ketua DPD I Partai Golkar DKI Jakarta H Priya Ramadhani mengemukakan hal itu di depana peserta  pelatihan dan pendampingan Program GAB di Jakarta, Rabu.

Priya menjelaskan, prakarsa pelatihan bagi usaha kecil merupakan tanggapan atas banyaknya permintaan dari berbagai pelosok Indonesia dan berbagai kalangan melalui berbagai media baik lisan dan tertulis.

Menurut Priya, kualitas bangsa Indonesia saat ini masih belum seperti di negara yang maju terbukti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada 2011 menempatkan Indonesia di posisi yang tertinggal dari negara-negara di Asia Tenggara yang lain, sehingga memotivasi PG untuk mengadakan pelatihan itu.

"Banyak program dan bantuan yang diberikan oleh pemerintah namun hasil akhirnya masih  seperti kondisi saat ini. Oleh karena itu maka masyarakatlah yang harus menyelamatkan dirinya sendiri dengan cara mengembangkan kewirausahaan," katanya.

Dia menegaskan, program GAB merupakan inisiatif dari Ketua Umum DPP PG H Aburizal Bakrie yang mengkhawatirkan kondisi Eropa yang sedang krisis dapat berimbas ke Indonesia.

"Dengan memperkuat ekonomi mikro yang tangguh, maka Indonesia tidak rentan terhadap krisis global," ujarnya.

Priya mengatakan, pada program pelatihan itu yang diikuti ratusan pengusaha kecil di Provinsi DKI akan mendapatkan peningkatan skill usaha, selanjutnya para pengusaha kecil itu dinominasikan oleh berbagai kelompok masyarakat, serta diseleksi oleh panitia seleksi independen yang dibentuk oleh GAB untuk dipilih.

"Para pengusaha kecil yang terpilih itu akan mengikuti kegiatan seperti kursus sehari tentang pengelolaan dan pengembangan usaha, distribusi buku pengembangan usaha dan Konsultansi pengembangan usaha," ujarnya.

Priya menambahkan, program pemberdayaan usaha kecil menekankan peningkatan wawasan dan skill usaha para pengusaha mikro dan tidak memberikan pelayanan keuangan.

Sedangkan, pelayanan keuangan seperti simpan pinjam telah banyak disediakan melalui program pemerintah seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), lembaga perbankan, dan berbagai lembaga keuangan mikro.

"Program pemberdayaan usaha kecil akan mendorong para pengusaha kecil untuk memanfaatkan berbagai akses pelayanan keuangan secara optimal," katanya.

Priya menegaskan, rangkaian kegiatan pelatihan ini merupakan buki komitmen H Aburizal Bakrie dan Partai Golkar yang secara konkret akan memperkuat ekonomi nasional, sertamengatasi penggangguran dan kemiskinan.

"Prakarsa tersebut diharapkan dapat mendorong perusahaan, partai politik, pemerintah daerah, organisasi kemasyarakatan, dan warga negara yang peduli untuk terlibat," demikian Priya Ramadhani.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011