Jakarta (ANTARA News) - Mantan pemain sepak bola Mundari Karya terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Pemain Sepak Bola Nasional (APSNI) dalam Kongres APSNI di Jakarta, Rabu.

Mudari yang saat ini merupakan pelatih PSPS Pekanbaru ini terpilih secara aklamasi dalam kongres yang dihadiri 103 anggota di Hotel Kartika Candra, Jakarta.

"Kami tidak akan memisah-misah mana pemain ISL dan mana pemain IPL. Kami mengakomodir selain pemain profesional, karena tidak semua pemain bisa menjadi pelatih atau pengurus," ujar Mundari Karya.

Mantan pelatih Persikota Tangerang tersebut akan memimpin organisasi non politik ini hingga 2014.

Mundari menambahkan, APSNI yang memiliki sekitar 400 anggota tidak bermuatan politik ingin menjadi mitra PSSI dalam upaya meningkatkan prestasi sepak bola di Tanah Air.

"APSNI memiliki 400 anggota yang terdiri atas pemain profesional, amatir, dan mantan pemain. Ini adalah gerbang bagi APSNI untuk memajukan sepak bola Indonesia," jelasnya.

Mengenai program ke depan, Mundari yang pernah menangani Persikota Tangerang mengatakan APSNI akan mengantisipasi para mantan pemain sepakbola yang belum memiliki pekerjaan untuk diberikan pembinaan pelatihan dan keterampilan.

"Selain itu APSNI juga akan memberikan bantuan advokasi hukum yang berkaitan langsung dengan permasalahan sepak bola dan hal-hal yang menyangkut nasib kehidupan mereka," ujarnya.

Dalam karirnya di sepak bola, Mundari Karya terakhir kali menjadi Pelatih Timnas pada event AFF U-16 Championship 2010 di Solo pada September 2010.
(ANT -132/T009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011