Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara meminta Perusahaan Air Minum PT Aetra Air mempercepat perbaikan jaringan perpipaan karena mengganggu suplai air bersih bagi warga RT08 dan 09 RW07 Kelurahan Marunda, Cilincing.

Pemerintah Kota Jakarta Utara sudah meminta agar pekerjaan itu bisa diselesaikan Aetra, sehingga masyarakat bisa memperoleh suplai air dari keran di rumah masing-masing.

Baca juga: Koalisi warga Jakarta minta Anies tuntaskan banjir hingga air bersih

"Karena ada perbaikan, makanya jadi enggak mengalir. Sebagian sudah oke, tinggal sedikit lagi sampai ujung Marunda Kepu-nya saja. Sampai hari ini (perbaikan) masih sedikit lagi di RW itu, di Marunda Kepu," kata Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim kepada wartawan di Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa.

Ali mengatakan selagi perbaikan pipa dilakukan, PAM Aetra bertanggung jawab mencukupi kebutuhan masyarakat nelayan di sana terhadap air bersih.

Salah satu solusi dari Aetra yang diupayakan sementara ini dengan menyuplai air menggunakan mobil tangki setiap hari, untuk membantu warga yang kesulitan memperoleh air bersih selama perbaikan jaringan perpipaan di RW07 Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Baca juga: Legislator minta Anies beri solusi air bersih di Rusunami City Garden

"Selama perbaikan, di-drop air dengan mobil-mobil tangki. Kalau enggak salah, per hari itu ada empat sampai enam mobil tangki. Jadi kebutuhan air sebenarnya sudah tidak terkendala terlalu serius lagi," ujar Ali.

Ia berharap solusi persoalan air di Marunda Kepu itu bisa diperoleh secara permanen dengan adanya perbaikan pipa. Sehingga air tidak lagi disuplai dengan mobil tangki, tapi bisa diperoleh melalui keran air di setiap rumah warga.

Baca juga: PAM Jaya sesuaikan biaya sambungan baru

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022