Petugas PAM JAYA sudah turun ke lapangan untuk memeriksa lokasi pipa yang bocor
Jakarta (ANTARA) - Manajer proyek tol Ancol Timur Agus Mulyana mengatakan pipa bocor di lokasi proyek pembangunan tol di Jalan RE Martadinata, Pademangan, Jakarta Utara sedang tahap perbaikan, Senin.

"Petugas PAM JAYA sudah turun ke lapangan untuk memeriksa lokasi pipa yang bocor dengan didampingi oleh petugas pengelola tol Ancol Timur," kata Agus kepada wartawan di Jakarta Utara, Senin.

Akibat kebocoran pipa tersebut, sebanyak 13 RT di RW 02 Kelurahan Ancol mengalami krisis air bersih.

Penyebabnya kebocoran karena adanya miskomunikasi terkait lokasi pipa antara petugas pengeboran di lapangan dengan PAM JAYA.

Sehingga saat proses pemasangan tiang pancang di kedalaman 2,3 meter, mata bor mengenai pipa sehingga menimbulkan kebocoran.

Sebanyak delapan unit mobil tangki dikerahkan PAM Jaya untuk menanggulangi krisis air yang dirasakan warga kawasan RW02 Kelurahan Ancol.

Satu mobil tangki memiliki isi air bersih berkisar 4.000 liter.

Sejumlah warga RW02 Kelurahan Ancol mengantre untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mencuci pakaian, mandi, dan konsumsi pada Senin malam.

Rencananya, sebagian pipa yang bocor akan dipindahkan ke lokasi lain karena pipa tersebut berada di  trase jalan.

Pasokan air bersih dari PAM JAYA cukup strategis mengingat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi melarang penggunaan air tanah di sejumlah daerah yang telah memiliki sumber pasokan air bersih selain air tanah mulai 1 Agustus 2023.
Baca juga: Pipanisasi untuk solusi air bersih di Muara Angke
Baca juga: Polres Metro Jakut gandeng berbagai pihak atasi krisis air di Koja
Baca juga: Antisipasi krisis air, Jakarta Timur telah siapkan sumur resapan


Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023