Kendari (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Nur Alam, akan menerima penghargaan di bidang transmigrasi (Transmigration Award) di Jakarta pada Rabu (28/12), karena wilayah kerjanya menjadi salah satu penerima dan penempatan transmigran yang dinilai berhasil.

Selain Gubernur Sultra, Bupati Konawe Selatan, H Imran, juga akan menerima penghargaan yang sama, yang rencananya akan diserahkan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) atas nama Presiden RI, kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Konawe Selatan, Muhlis, di Kendari, Senin,

Penghargaan yang diterima Gubernur Sultra dan Bupati Konawe Selatan itu akan diberikan dalam rangkaian peringatan Hari Bakti Transmigrasi ke-61.

Menurut dia, pemberian penghargaan kepada gubernur dan bupati tersebut karena provinsi penerima transmigrasi tersebut memberikan kontribusi positif bagi masyarakat termasuk perekonomian daerah.

"Pemberian Transmigration Award 2011 itu dilaksanakan berdasarkan hasil evaluasi dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi terhadap kontribusi masing-masing kategori selama beberapa tahun ini," ujaran Muhlis.

Ia mengemukakan, penghargaan itu, tidak saja kontribusi terhadap daerah tetapi juga yang menjadi penilaian mengenai pelayanan yang telah diberikan kepada para transmigran tersebut.

Penilaian penghargaan kepada Gubernur dan Bupati Konawe Selatan itu dilakukan oleh tim independen yang beranggotakan dari beberapa perguruan tinggi ternama serta pejabat Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

"Berdasarkan informasi, ada enam gubernur dan enam bupati penempatan dan asal transmigrasi yang akan menerima penghargaan itu," kata Muhlis lagi.

Bupati Konawe Selatan, Imran, pada kesempatan terpisah mengatakan bahwa sekira 25 persen dari 200.000 lebih penduduk daerah ini dihuni oleh warga eks transmigrasi dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, Yogyakarta, Bali dan Nusa Tenggara Barat serta etnis terdekat yakni Bugis/Makassar.

Konawe Selatan menjadi daerah otonom tahun 2004 atau sekitar delapan tahun lalu dari induknya yakni Kabupaten Kendari yang sekarang berganti nama menjadi Kabupaten Konawe dan pemerintah dan masyarakat setempat mengelola atau melaksanakan program transmigrasi itu sejak tahun 1968 dengan penempatan pertama di UPT Landono.
(T.A056/Y008)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011