Senang karena rumah sudah dibuat bagus
Wasior (ANTARA) - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 di Kampung Mamisi, Distrik Nikiwar, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat disambut antusias oleh masyarakat setempat karena membantu renovasi rumah-rumah warga.

Kepala Kampung Mamisi Edison Werbete, Minggu, mengatakan warganya menyambut baik kehadiran para prajurit TNI untuk melakukan kegiatan tersebut di kampungnya. Warga setempat bahkan penuh antusias bergotong-royong membantu setiap kegiatan yang dilakukan seperti renovasi rumah, pembangunan jalan dan jembatan juga kegiatan sosial lainnya.

"TMMD di Kampung Mamisi hal yang baik dan sangat membantu masyarakat. Semoga ke depan dari Pemda bisa mendorong untuk menindaklanjuti kekurangan-kekurangan yang ada," harap Werbete.

Oscar Kayukatuy, salah satu warga Mamisi mengaku senang karena rumahnya yang sudah mulai rusak bisa direnovasi hampir seluruhnya berkat kegiatan TMMD.

"Senang karena rumah sudah dibuat bagus," ucap Kayukatuy.

Baca juga: TNI AD rehabilitasi rumah warga Wondama Papua Barat
Baca juga: Dandim 1801/Manokwari berangkatkan 38 personel Satgas TMMD-113

Pada Rabu (25/5), Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD dari Mabes TNI AD dipimpin Kolonel Infantri Erwin Rustiawan bersama Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor dan Wabup Teluk Wondama Andarias Kayukatuy berkesempatan meninjau kegiatan TMMD di Kampung Mamisi.

Setelah peninjauan lapangan, Kolonel Erwin mengaku puas dengan capaian yang telah dihasilkan hingga hari ke-13 pelaksanaan TMMD di Kampung Mamisi.

Secara umum progres kegiatan telah mencapai 65 persen di mana khusus untuk renovasi rumah sebagian sudah mencapai 80 persen.

Dia berharap masyarakat setempat lebih bersemangat lagi membantu prajurit TNI agar semua pekerjaan dapat terselesaikan tepat waktu yakni 30 hari.

"Yang sudah jalan sebagian sudah mencapai 80 persen. Progresnya cukup baik. Saya harapkan masyarakat ikut membantu agar ada kedekatan antara TNI dengan masyarakat karena tujuan dari TMMD itu agar TNI semakin dekat dengan masyarakat. Jadi jangan biarkan prajurit TNI kerja sendiri," pesan Erwin.
Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD Mabes TNI AD Kolonel Infantri Erwin Rustiawan bersama Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor meninjau jembatan dan jalan yang dikerjakan prajurit TNI AD di Kampung Mamisi, Distrik Wasior, Rabu (25/5/2022). (ANTARA/HO-Zack Tonu B)

Komandan Satgas TMMD Mamisi Letda Muhamad Khoiri menuturkan, selama TMMD berjalan pihaknya mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat. Warga selalu terlibat dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

"Respon masyarakat cukup baik. Masyarakat selalu mendukung kegiatan yang dilakukan. Setiap pembangunan per rumah itu, masyarakat selalu gotong royong, bantu angkat barang dan masyarakat antusias membantu anggota TNI dan Polri di sini," jelas Khoiri.

Mamisi merupakan kampung/desa kecil di pesisir bagian utara Teluk Wondama.

Kampung yang dihuni 271 jiwa ini termasuk daerah pinggiran yang relatif masih sulit dijangkau. Untuk mencapai tempat ini dibutuhkan setidaknya 1,5 jam sampai 2 jam dengan perahu bermotor dari Kota Wasior.

Baca juga: Pangdam Cenderawasih: TNI siap bantu pemda percepat pembangunan Papua

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022