Jumlah peserta yang mendaftar dari 15 April sampai 15 Mei 2022 yaitu 404 orang
Yogyakarta (ANTARA) - Ratusan peserta bakal meramaikan balap sepeda downhill individu terasCAF seri kedua yang berlangsung di Bukit Klangon, lereng Merapi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mulai 26 sampai 29 Mei 2022.

Salah satu pendiri terasCAF Widiyono melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Kamis, mengatakan downhill individu terasCAF seri kedua sudah masuk agenda race Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI).

"Jumlah peserta yang mendaftar dari 15 April sampai 15 Mei 2022 yaitu 404 orang," kata dia.

Baca juga: Ayustina tutup balap sepeda SEA Games dengan perunggu

Menurut Widi, jumlah peserta tersebut sesuai yang ditargetkan dan sudah maksimal mengingat lomba ini adalah invidual yaitu peserta dilepas satu per satu.

Trek Bukit Klangon, kata dia, biasa digunakan untuk berlatih komunitas balap sepeda downhill di Yogyakarta dan sekitarnya. Bahkan Timnas Indonesia yang berlaga di SEA Games Vietnam 2022 juga berlatih di kawasan itu.

Ia menyebutkan total peserta kelas Men Elite tercatat sebanyak 39 orang dan Women Elite 16 orang. "Terdapat dua peserta dari Malaysia yaitu di kelas Women Elite dan Women Open," ujar dia.

Widi berujar tujuan dari gelaran terasCAF adalah sebagai wadah bagi para pebalap sepeda muda, khususnya kelas prayouth, youth dan junior untuk mengasah bakat melalui kompetisi yang kompetitif.

Baca juga: Ayustina raih medali emas ITT putri balap sepeda SEA Games 2021

"Event terasCAF sudah 100 persen, besok kita sudah melakukan latihan resmi. Hari ini kita melakukan registrasi ulang. 'Line' dan 'obstacle' baru diharapkan bisa mengasah kemampuan para kadet baru dikelas youth, junior dan sport," kata Race Director Pratomo Setyadi.

Seiring dengan penambahan obstacle atau rintangan tersebut, terasCAF bakal menyiapkan penanganan yang cepat dan tepat bagi peserta yang mengalami kecelakaan saat bertanding.

"Kami sudah berkoordinasi dengan BPJS ketenagakerjaan BPU Ceger sebagai asuransi wajib yang dimiliki oleh peserta," kata dia.

Persaingan sengit seluruh peserta dapat disaksikan melalui live streaming YouTube terasCAF Official yang akan mulai pada Sabtu (28/5) yaitu pada saat Seeding Run dan Minggu (29/5) Final Run.

Baca juga: Pelatih beberkan kunci sukses Fanani raih emas SEA Games Vietnam

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022