Selanjutnya, IMI mengupayakan agar penyelenggaraan FIM MiniGP Indonesia Series 2022 bisa diselenggarakan di sejumlah daerah lainnya seperti, di Jakarta, Bali, hingga Mandalika
Bogor (ANTARA) - Indonesia siap menjadi tuan rumah FIM MiniGP World Series 2022 sebanyak enam putaran di Sirkuit International Karting Bogor pada Juli hingga September 2022.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Bambang Soesatyo, melalui keterangan tertulisnya yang dikutip Kamis, mengatakan, IMI Pusat bersama Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) sudah sepakat menyelenggarakan, dan Dorna Sports sebagai penyelenggaranya.

Menurut Bamsoet, panggilan Bambang Soesatyo, penyelenggara FIM MiniGP World Series 2022 di selenggarakan di Indonesia yakni di Sirkuit International Karting Bogor, sebanyak enam putaran.

Baca juga: IMI dan FIM siap hadirkan MiniGP Indonesian Series pada 2022

Putaran pertama dimulai pada 16 Juli 2022, dan dilanjutkan putaran kedua pada 17 Juli 2022. Kemudian, putaran ketiga pada 13 Agustus 2022, putaran keempat pada 14 Agustus 2022, putaran kelima pada 24 September 2022, serta putaran terakhir 25 September 2022.

"Selanjutnya, IMI mengupayakan agar penyelenggaraan FIM MiniGP Indonesia Series 2022 bisa diselenggarakan di sejumlah daerah lainnya seperti, di Jakarta, Bali, hingga Mandalika," ujar Bamsoet.

Sebelumnya, Bamsoet menerima kunjungan Wakil Ketua Umum IMI Pusat Bidang Internasional dan Event Happy Harinto beserta Direktur Sport Talenta Indonesia Harlan Fadhilah, dan Direktur Bekarya Otomotif Sukses Djoko Iman Santoso sebagai promotor lokal pelaksana FIM MiniGP Indonesia Series 2022, di Jakarta, Selasa (24/5).

Bamsoet menjelaskan, FIM MiniGP Indonesia Series 2022 diikuti 15 pembalap muda Indonesia berusia 10 hingga 14 tahun. "Bagi yang ingin ikut serta, bisa langsung mendaftarkan diri dengan mengunjungi situs www.minigp.id," katanya.

Baca juga: IMI dan pengelola matangkan pengembangan Sirkuit Internasional Sentul

Menurut dia, sesuai ketentuan FIM dan Dorna Sport, para pebalap yang berlaga dalam series MiniGP diwajibkan menggunakan tipe motor yang sama, Ohvale GP-0 160 cc, yang memiliki karakter sama dengan gaya balap di MotoGP. "Motor disediakan oleh panitia pelaksana," katanya.

Pada akhir musim, kata dia, tiga besar juara FIM MiniGP Indonesia Series 202 akan bertanding dalam FIM MiniGP World Final 2022 yang diselenggarakan di Valencia pada November 2022.

"Di sana mereka akan bertanding dengan para juara MiniGP dari Prancis, Irlandia, Italia, Malaysia, Belanda, Amerika Utara, Portugal, Spanyol, Inggris, Australia, Austria, India, dan Qatar," jelas Bamsoet.

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan, KADIN Indonesia ini menambahkan, pebalap muda Indonesia yang menjadi juara FIM MiniGP Indonesia Series 2022, juga akan diberi akses khusus untuk mengikuti kejuaraan Asia Talent Cup 2023.

Baca juga: 687 peserta ikuti balap jalanan di BSD

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022