Badung. Bali (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian wilayah Indonesia didominasi cuaca berawan hingga hujan ringan pada Jumat.

Dalam informasi yang dirilis Youtube info BMKG diikuti di Badung, Bali, BMKG memprediksi masih terdapat gangguan gelombang atmosfer terutama di wilayah Sulawesi, sebagian wilayah Kalimantan bagian timur, Pulau Jawa, serta wilayah Sumatera bagian selatan.

Kondisi ini menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan akan meningkat

Sementara itu terpantau pula pola sirkulasi siklonik yang berada di wilayah barat daya Banten, yang mana menimbulkan pola konvergensi pertemuan angin di Sumatera bagian selatan dan sebagian wilayah Pulau Jawa.

Kondisi ini juga akan meningkatkan potensi pertumbuhan awan di sekitarnya.

Sehingga di wilayah Sumatera dimana sebagian besar wilayah diperkirakan akan cenderung berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Namun perlu diwaspadai di wilayah Bandar Lampung, diperkirakan terdapat potensi hujan dengan intensitas lebat, serta yang berada di wilayah Pekanbaru dan Jambi, karena diperkirakan berpotensi hujan disertai petir.

Sementara di wilayah Banda Aceh kondisi cuaca diperkirakan akan dominan cerah berawan.

Untuk wilayah pulau Jawa, di mana beberapa wilayah diperkirakan berpotensi hujan ringan seperti Serang Yogyakarta dan Surabaya.

Kemudian di wilayah Bandung diimbau untuk mewaspadai potensi hujan disertai petir yang dapat terjadi. Untuk sebagian berada di wilayah Jakarta dan Semarang, kondisi cuaca dominan berawan.

Sementara di wilayah Kalimantan , di mana sebagian besar wilayah yang diprediksi akan berawan seperti di Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin dan Samarinda.
Sementara Tanjung Selor diperkirakan kondisi cuaca akan berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Kondisi cuaca di Denpasar diprakirakan cerah berawan, sementara untuk wilayah Mataram kondisi cuaca diprakirakan akan berpotensi hujan disertai petir. Sementara untuk wilayah Kupang kondisi cuaca diperkirakan akan dominan berawan.

Wilayah Sulawesi diperkirakan akan dominan hujan seperti Gorontalo, Kendari dan Makassar, di mana diprakirakan kan kondisi cuaca hujan dengan intensitas sedang.

Kemudian Manado berpotensi hujan disertai petir, sementara untuk wilayah Mamuju waspada, karena diperkirakan terdapat potensi hujan dengan intensitas lebat.

Wilayah Indonesia Timur untuk wilayah Ternate diperkirakan terdapat potensi hujan disertai petir, sementara Ambon berpotensi hujan dengan intensitas lebat. Manokwari diperkirakan akan berpotensi hujan ringan sementara Jayapura diperkirakan akan cenderung cerah berawan.

Baca juga: BMKG prakirakan sebagian besar wilayah Indonesia berawan

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia

Baca juga: BMKG prakirakan sebagian besar wilayah Indonesia cerah berawan


 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022