Jakarta (ANTARA News) - Juru Bicara Komisi Yudisial (KY) Asep Rahmat Fajar mengatakan lima pendaftar calon hakim agung (CHA) memiliki latar belakang pengadilan militer.

Asep belum merinci kelima orang tersebut.

Sebelumnya Mahkamah Agung (MA) menyayangkan bahwa pada selesksi hakim agung sebelumnya tidak ada hakim agung yang memiliki latar belakang pengadilan militer.

MA menilai kebutuhan hakim agung militer sangat mendesak karena saat ini hanya memiliki dua hakim agung militer, padala satu majelis hakim harus tiga orang.

Akhir tahun ini, MA kembali mengajukan permohonan seleksi hakim agung ke KY karena lima hakim agung akan segera pensiun pada Mei 2012.

Kelimanya adalah Harifin A Tumpa, Prof Mieke Komar, Atja Sondjaja, Imam Harjadi, dan Dirwoto.

MA meminta dua hakim agung perdata, dua hakim agung pidana, dan satu hakim agung militer.

KY sendiri, kata Asep, selalu mempertimbangkan permintaan MA tersebut. "Namun KY juga tetap mempertimbangkan kualitas dan integritas dari pendaftar tersebut," sambungnya.

Asep mengungkapkan pihaknya telah menerima 108 pendaftar, yakni 61 pendaftar dari jalur non karir dan 47 pendaftar dari jalur non karir.

Dia mengungkapkan pendaftar dari jalur karir sebagian besar didaftarkan langsung oleh pengadilan tinggi, namun ada lima hakim karir yang mendaftar melalui jalur non karir.(*)

J008

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011