Jakarta (ANTARA) - Perusahaan agri-tech CROWDE berkolaborasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Sumatera (LPPM ITERA) untuk membangun dan meregenerasi SDM bidang pertanian.

Menurut CEO & Co-Founder CROWDE Yohanes Sugihtononugroho, Indonesia perlu regenerasi petani dari generasi milenial yang punya keberanian dan kesempatan untuk industri pertanian dan teknologi.

Kolaborasi ini akan memberikan banyak peluang untuk mencicipi agriculture industry untuk terus berkembang dan menopang kehidupan Indonesia ke depannya, katanya dalam pernyataan pers, Jumat.

Baca juga: Startup Crowde gandeng BUMDes Jabar bantu petani

"Terjalinnya integrasi antara akademisi dan industri dalam mengembangkan keilmuan pertanian, agar ke depannya banyak generasi muda yang melek teknologi dan tertarik untuk bergelut di dunia pertanian." Indra Permana, Senior Research Manager CROWDE.

Pihak universitas yang menjalin kerja sama dengan CROWDE tentu memiliki tujuan yang sama untuk menciptakan inovasi dalam industri pertanian, terutama dalam penerapan teknologi tepat guna.

Bagaimanapun, kerjasama ini pada akhirnya tercipta demi meregenerasi sumber daya manusia di bidang pertanian.

“Terima kasih kepada ITERA dan UNPAD yang telah bersedia untuk inovasi supaya bisa tumbuh. Semoga kerja sama ini bisa selalu terjalin dengan baik, terevaluasi dan berkesinambungan agar kita punya program yang selalu relevan," kata Yohanes menambahkan.

Kerja sama CROWDE dan LPPM ITERA ditandatangani 28 Maret lalu melalui acara daring oleh CEO & Co-Founder CROWDE Yohanes Sugihtononugroho dan Kepala LPPM ITERA Acep Purqon, S.Si., Ph.D, beserta jajarannya.

Sebelumnya CROWDE juga telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran (UNPAD) pada tanggal 15 Maret 2022.

Baik dari pihak ITERA maupun UNPAD menyambut gembira kerja sama ini, terlebih dari mitra industri yang tergabung.

Melalui kerja sama antara pihak universitas dengan CROWDE, diharapkan visi dan misi kedua belah pihak dapat tercapai dengan baik, sehingga dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung, khususnya di Provinsi Lampung dan Jawa Barat.

Sesuai dengan tujuan CROWDE yang ingin menyejahterakan petani daerah, pihak universitas membantu dari sisi potensi generasi milenial untuk berkarya di bidang pertanian.

Dengan memiliki prodi-prodi terkait di bidang budidaya dan teknologi pertanian, ITERA dan UNPAD membuka kesempatan bagi stakeholder serta petani-petani binaan agar terus memberdayakan UMKM yang ada.

Selain itu, kerjasama ini juga menjadi upaya peningkatan kualitas SDM dan kualitas produk hasil UMKM yang dikelola oleh masyarakat sekitar.


Baca juga: Pesanan melonjak, Sayurbox tambah pekerja untuk kelancaran distribusi

Baca juga: Fishtival ajak masyarakat gemari kuliner ikan dan peduli sampah


 

Pewarta: Suryanto
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022