Den Haag (ANTARA News) - Pertandingan Piala Belanda antara Ajax dan AZ Alkmaar, yang dibatalkan Rabu lalu setelah seorang penonton berlari di lapangan dan berusaha menyerang kiper AZ Esteban Alvarado, akan diulang secara tertutup pada 19 Januari, demikian diumumkan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB), Rabu.

Insiden pada 22 Desember itu mengakibatkan kiper asal Kosta Rika tersebut dikartu merah karena dua kali menendang suporter itu, yang kemudian dikawal keluar lapangan oleh polisi.

Pelatih AZ Gertjan Verbeek memimpin para pemainnya keluar lapangan menyusul insiden tersebut dengan mengeluhkan kurangnya pengamanan di stadion Ajax Amsterdam Arena.

Pertandingan babak 16 besar itu, yang sudah dimenangi Ajax 1-0, kemudian dibatalkan menjelang jeda pertandingan.

"Federasi tidak ingin mengambil risiko apapun mengenai pertandingan ini sementara menjamin bahwa kompetisi berlanjut," kata KNVB dalam pernyataannya yang menjelaskan keputusan untuk menggelar pertandingan ulangan tanpa penonton.

KNVB, yang sejak itu membatalkan kartu merah bagi Alvarado, juga menjatuhkan denda bagi Ajax 10.000 euro dan mengatakan klub tersebut menghadapi pertandingan tambahan secara tertutup - meskipun ada bagian dari sanksi itu ditangguhkan.

Pengajuan banding dari Ajax atas hukuman mereka itu harus dibuat sebelum 2 Januari, demikian AFP melaporkan.

(SYS/F005/A008)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011