Hingga 2014, harus bisa mencapai 80-90 persen dari total desa yang tersebar di Dapil IX Jateng.
Jakarta (ANTARA News) - Hingga penghujung tahun 2011, sekitar 40 persen dari 611 desa/kelurahan yang tersebar di Daerah Pemilihan IX Jawa Tengah (Kabupaten Brebes 297 desa, Kabupaten Tegal 287 desa/kelurahan, dan Kota Tegal 27 kelurahan) belum berlistrik.
 
Legislator PDI Perjuangan dari Daerah Pemilihan (Dapil) IX, Dr. (cand.) Dewi Aryani, M.Si. kepada ANTARA News di Jakarta, Kamis pagi, menegaskan bahwa pada tahun 2012 harus ada penambahan desa berlistrik. Paling tidak, 3.000 s.d. 5.000 kepala keluarga.

Pada tahun ini, kata anggota Komisi VII DPR RI itu, kurang lebih 1.500  rumah yang sudah terpasang listrik, sementara yang masih dalam proses atau sudah terdaftar 1.000-an pemohon. "PLN harus bekerja sama dengan kepala desa terkait dengan data kepala keluarga yang rumahnya belum berlistrik," ujarnya.
 
Dengan demikian, lanjut Dewi Aryani, persoalan-persoalan mendasar, khususnya masalah perlistrikan desa di daerah pemilihannya bisa segera teratasi. "Hingga 2014, harus bisa mencapai 80-90 persen dari total desa yang tersebar di Dapil IX Jateng," ujarnya.  

"Saat ini," kata Dewi," tambahan desa yang dialiri listrik sudah dilakukan di empat kecamatan, yaitu Paguyangan, Bumiayu, Jatinegara, dan Kramat."

Dewi Aryani juga menyinggung persoalan mendasar lain, seperti keberadaan sumur pompa air yang layak di setiap desa, penghijauan, perbaikan perumahan rakyat miskin, perbaikan sekolah-sekolah hingga perbaikan fasilitas waduk dan fasilitas umum di sekitar Waduk Cacaban, Waduk Malahayu, pertanian, dan perikanan.

"Itu merupakan komitmen saya dalam memperjuangkan daerah pemilihan saya. Juga sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan tugas sebagai kader partai telah diupayakan berbagai perjuangan aspirasi untuk Dapil IX Jateng," kata Dewi.

Ia menambahkan, dirinya beserta mantan Bupati Brebes Indra Kusuma yang juga Ketua DPC PDIP, Kepala dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Brebe, serta jajaran fraksi DPRD PDIP Kabupaten Brebes dan para tokoh masyarakat setempat akan meresmikan tiga sumur bor air bersih di tiga titik yang terdapat di kabupaten Brebes, yaitu di Desa Parareja, Kecamatan Banjarharja; Desa Wanoja dan desa Salem,  Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes pada bulan Januari 2012.

Khusus bidang pertanian, kata Dewi, akan dilaksanakan uji coba penanaman bibit padi, singkong, bawang unggulan, palawija dengan cara melakukan revitalisasi lahan pertaniannya terlebih dahulu. Untuk perikanan akan dilakukan dialog langsung dengan BPH Migas mengenai pasokan solar, khusus nelayan, agar diketahui kebutuhan pasti bagi nelayan di wilayah pantura, terutama Brebes dan Tegal.

Menurut dia, semua perjuangan tersebut, selain merupakan buah kerja keras pada tahun 2011 juga menjadi resolusi pada tahun 2012.

"Dengan adanya agenda-agenda rakyat di atas, semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kota Tegal," demikian Dewi Aryani yang juga Duta Universitas Indonesia untuk Reformasi Birokrasi Indonesia. (zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2011