Manado (ANTARA) - General Manager PLN Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) Ari Dartomo mengatakan rasio desa berlistrik di daerah tersebut mencapai 97,47 persen.

"Kami akan terus meningkatkan capaian Rasio Elektrifikasi (RE) di seluruh daerah hingga ke pelosok desa," kata Dartomo, di Manado, Kamis.

Ia mengatakan saat ini tercatat total Rasio Desa Berlistrik (RDB) PLN Suluttenggo pada tahun 2022 mencapai 97.47 persen, dengan rincian desa yang berhasil menyala menggunakan listrik dari PLN di wilayah PLN Suluttenggo di tahun 2022 sebanyak 15 desa dengan total desa berlistrik hingga tahun 2022 sebanyak 4.469 desa.

Ia mengatakan angka ini terus ditingkatkan tidak sekedar mandat yang percayakan oleh pemerintah kepada PLN, namun PLN menjadi garda terdepan dalam membawa kemerdekaan kelistrikan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pemerataan kelistrikan di seluruh daerah hingga ke pelosok menjadi langkah utama PLN dalam menjamin kemerdekaan kelistrikan ini. Hingga akhir tahun 2022 tercatat, PLN Suluttenggo mampu meningkatkan RE mencapai 99,80 persen.

Tentunya pencapaian ini tidak hanya hasil kerja keras dari PLN saja, namun menjadi buah kerja sama yang baik antara semua pihak mulai dari pemerintah hingga masyarakat.

"Melihat masyarakat hingga pelosok merasakan kebahagiaan karena mampu mendapatkan terang dari listrik yang kami salurkan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi kami,” ujar Dartomo.

Pria yang kerap disapa Ari sehari-hari ini menuturkan bahwa memenuhi RE tidak hanya sekedar target kinerja insan PLN, namun menjadi tugas mulai dalam menyediakan dan mendorong kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Pembangunan kelistrikan hingga ke pelosok desa tidak hanya sekedar memenuhi target Rasio Elektrifikasi yang ditargetkan Pemerintah, namun ini menjadi kontribusi nyata PLN dalam membangun negeri.

Saat ini sudah ada total 4.469 desa yang menggunakan listrik PLN hingga tutup tahun 2022 di mana bertambah sebanyak 15 desa yang akhirnya dapat merasakan terangnya listrik PLN.

Untuk itu, katanya, PLN Suluttenggo masih memiliki pekerjaan rumah dalam menuntaskan sisa desa yang masih belum berlistrik dan juga desa yang masih belum menikmati listrik yang bersumber dari PLN.

“Harapan kami, ekonomi masyarakat desa yang telah mendapatkan aliran listrik dari PLN dapat terdampak dan berkembang. Untuk itu, kami akan terus bekerja keras untuk dapat menghadirkan listrik yang berkualitas bagi seluruh masyarakat,” jelas Dartomo.

Ari Dartomo pun mengajak semua pihak untuk dapat turut serta bahu membahu dalam mengejar cita-cita mencapai RE 100 persen yang artinya seluruh desa telah merdeka menggunakan listrik dari PLN.

“Semoga di bulan kemerdekaan ini semangat kita semakin berkobar untuk dapat memenuhi tugas mulia ini,” pungkasnya.

PLN pun telah meningkatkan pelayanan dengan memberikan pengalaman pengguna terbaik pada fitur yang ada di aplikasi PLN Mobile.

Aplikasi PLN Mobile merupakan layanan "one stop service" yang disediakan PLN untuk berbagai solusi kelistrikan masyarakat. Aplikasi PLN Mobile sendiri dapat diunduh secara gratis dari Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023