Memang dari tingkat kematian akibat virus ini rendah, tetapi ini bisa merusak atau terjadi infeksi otak
Tangerang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Provinsi Banten meminta warga waspada dan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit cacar monyet (monkeyfox).

"Kami juga sudah membuat surat edaran (SE) ke seluruh faskes di wilayah kerja kita untuk waspada dan melakukan edukasi kepada masyarakat terkait PHBS dalam antisipasi cacar monyet ini," kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kabupaten Tangerang, Dr Sumihar Sihaloho di Tangerang, Minggu.

Ia menuturkan upaya edukasi peningkatan pola hidup sehat yang diberikan tersebut merupakan respons atas adanya informasi terkait adanya wabah cacar monyet, yang saat ini terjadi di beberapa negara di Eropa.

Baca juga: Epidemiolog: Perlu edukasi sedini mungkin terkait cacar monyet

Pihaknya pun telah menginstruksikan kepada seluruh kepala puskesmas, rumah sakit serta laboratorium untuk melakukan sosialisasi dan mendeteksi sedini mungkin adanya penyakit cacar monyet tersebut.

"Yang utamanya dalam pencegahan penyakit cacar monyet ini tidak lain adalah dengan tetap menjaga pola hidup sehat," katanya.

Menurut Sumihar, penyakit cacar monyet ini disebabkan oleh adanya virus human monkyfox (MPXV) orthopoxvirus dari famili poxviridae yang bersifat highly pathogenic.

Baca juga: Virolog: Perkuat sosialisasi PHBS cegah cacar monyet

Dengan ciri-ciri penularan-nya terjadi gejala seperti mengalami demam tinggi, nyeri kepala, nyeri otot dan munculnya pembengkakan di kelenjar getah bening di beberapa bagian tubuh.

"Setelah itu, baru muncul seperti bintik-bintik atau cacar air di bagian tubuh. Dan bila terjadi interaksi langsung dengan cara bersalaman atau bersentuhan bersama orang yang sudah terpapar penyakit itu maka terjadilah penularan," jelasnya.

Ia mengungkapkan dalam mengantisipasi penularan cacar monyet ini yang dimana asal mulanya dari jenis hewan pengerat seperti monyet dan tikus, maka pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat untuk melakukan pengawasan terhadap kesehatan hewan di daerah itu.

Baca juga: Kemenkes waspadai cacar monyet dari pelaku perjalanan

"Jadi kami akan mewaspadai terhadap tempat-tempat hidupnya hewan kera supaya jangan sampai nanti terjadi penemuan kasus penyakit cacar monyet," ujarnya.

Ia berpesan kepada masyarakat Kabupaten Tangerang agar dapat menjaga kebersihan lingkungan setempat, karena dengan begitu penyebaran dari berbagai penyakit yang ada bisa dilakukan pencegahan sedini mungkin.

"Memang dari tingkat kematian akibat virus ini rendah, tetapi ini bisa merusak atau terjadi infeksi otak sehingga kami menyarankan kepada masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup sehat dan kebersihan lingkungan sekitar," kata dia.

Baca juga: Pembengkakan kelenjar getah bening gejala spesifik cacar monyet

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022