Jakarta (ANTARA News) - Pengaruh besar Steven Gerrard bagi Liverpool terlihat jelas pada Jumat, ketika ia bermain 31 menit menginspirasi kemenangan 3-1 atas Newcastle United dalam pertandingan Liga Utama Inggris akhir tahun ini.

Setelah absen beberapa bulan karena cedera pangkal paha dan infeksi pergelakangan kaki, Gerrard diturunkan pada menit ke-59 ketika kedudukan imbang 1-1 dan Newcastle mencari keunggulan.

Dengan peluit terakhir, pemain internasional Inggris itu mencetak gol ketiga sehingga mengangkat kualitas dan kepercayaan diri tim yang sebelumnya hanya menang tiga kali di kandang dalam musim ini.

Striker Craig Bellamy mencetak dua gol melawan mantan klubnya itu, tapi begitu menyakinkan bahwa Gerrard yang menunjukkan telah fit kembali disebut sebagai man of the match pada laga tersebut.

"Mencetak gol dan mendapatkan tiga poin merupakan sebuah hasil yang sempurna," kata pemain 31 tahun, Gerrard, kepada Sky Sport.

"Saya telah mengalami tahun yang mengerikan dengan banyak luka, tapi aku hanya ingin melihat kedepan."

Manajer Liverpool Kenny Dalglish mengatakan, hari ini adalah pahala yang besar bagi Gerrard dan semua orang yang telah membantu ia kembali bugar.

Hasil itu sudah cukup untuk memindahkan Liverpool (34 poin dari 19 pertandingan) ke posisi kelima.

Manchester United berpeluang menghasilkan tiga poin menuju ke puncak klasemen jika mereka mengalahkan Blackburn Rovers pada Sabtu ini.

Pemimpin klasemen Manchester City, yang memiliki poin sama dengan tetangga United, tetapi unggul selisih gol akan bertandang ke Sunderland pada hari Minggu, demikian dikutip dari Reuters.

(*)

Penerjemah: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011