Solo (ANTARA News) - Menjadi produser film menjadi tantangan besar bagi penyanyi kenamaan Glenn Fredly. Dia akan memproduksi film "Cahaya dari Timur" yang pengambilan gambarnya dilakukan  pada Mei 2012.

"Ini tantangan bagi saya dan saya akan mengangkat budaya timur yakni dari Ambon, Maluku, dalam film bertema sepak bola ini," kata Glenn Fredly di Solo, Sabtu.

Dia mengatakan film yang akan diambil dari kisah nyata tentang perjalanan anak-anak Ambon yang mengikuti kompetisi sepak bola U-15 di Jakarta tersebut menjadi salah satu media untuk menyampaikan pesan perdamaian bagi masyarakat.

"Di film itu, ada kisah tentang bagaimana pertandingan sepak bola yang diikuti anak-anak Ambon dapat membuat warga melupakan pertikaian yang terjadi di tanah Maluku. Sepak bola menjadi media perdamaian ketika terjadi kerusuhan di tanah Maluku," kata dia.

Film "Cahaya dari Timur", kata dia, diupayakan untuk mengangkat kearifan lokal setempat dengan pengambilan separuh gambar dari film tersebut di Ambon.

"60 persen pemain film itu pun kami pilih langsung dari warga di sana untuk menampilkan bagaimana kebudayaan di sana secara langsung," kata dia.

Sutradara Angga Dwimas Sasongko dan penulis naskah Andi Bachtiar, kata dia, telah dirangkul  untuk menggarap film tersebut.
(ANT)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011