satu jam sebelum presiden hadir nantinya kendaraan-kendaraan besar, terutama mobil truk kontainer akan berhenti beroperasi
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Daerah Metro Jaya menyatakan kesiapan untuk mengamankan berlangsungnya balapan mobil listrik Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Pademangan, Jakarta Utara pada Sabtu (4/6) mendatang.

Tampak Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Marsudiyanto bersama Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, dan Direktur Intel dan Keamanan Polda Metro Jaya Kombes Pol Umar Effendi mendatangi pengelola sirkuit Formula E di Ancol Senin petang tadi untuk mengecek situasi di sirkuit internasional Formula E Jakarta tersebut.

"Kami mengunjungi lokasi Formula E ini, kami lihat dari sisi proses masuknya penonton, kemudian nanti penontonnya masuk ke dalam, kemudian kembali lagi. Kemudian berkaitan dengan pengaman juga itu menjadi perhatian kami, untuk menjamin bahwa kegiatan Formula E besok berjalan lancar," kata Marsudiyanto saat ditemui wartawan di lokasi sirkuit pada Senin.

Marsudiyanto menjelaskan sudah menyiapkan sebanyak 1.700 personel Polda Metro Jaya untuk pengamanan area, terutama di ring dua. Dia pun memastikan tidak akan melakukan pengamanan di area dalam sirkuit, karena sudah ada satpam yang sudah disiapkan dari Security Group Artha (SGA).

Kemudian nanti juga ada keterlibatan dari TNI, khususnya Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) di dalam lokasi sirkuit, sebab dikabarkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan ikut menyaksikan perhelatan balap tingkat internasional tersebut.

"InsyaAllah hadir (presiden), dari Paspampres juga sudah ada yang melakukan pengecekan di sini, nanti akan disiapkan di sini VIP nanti," kata Marsudiyanto.

Ia menambahkan, satu jam sebelum presiden hadir nantinya kendaraan-kendaraan besar, terutama mobil truk kontainer akan berhenti beroperasi, sampai presiden selesai kegiatan dari dalam Taman Impian Jaya Ancol.

Nanti baru kita buka kembali, kalau presiden sudah meninggalkan lokasi, jadi untuk sementara saja," kata Marsudiyanto.

Untuk masyarakat yang akan menonton, pengelola sirkuit sudah menyiapkan bus transit sendiri dari Jakarta International Expo (JI-Expo) Kemayoran, Jakarta Pusat menuju Ancol, Jakarta Utara.

Kendati demikian, Marsudiyanto belum merinci berapa jumlah bus yang akan disiapkan untuk mengangkut penumpang (penonton) Formula E tersebut.

"Jadi yang mau nonton juga disiapkan di JI-Expo itu perkiraan dan disiapkan bus ke sini," kata Marsudiyanto.
Baca juga: Legislator nilai Formula E terlalu dipaksa jadi sebab atap ambruk
Baca juga: Polda Metro tak panggil penyelenggara Formula E terkait atap ambruk
Baca juga: Wagub DKI imbau warga tidak khawatir soal tribun Formula E Jakarta

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022