Peningkatan hampir dua kali lipat dari sebelum pelonggaran
Jakarta (ANTARA) - Pelonggaran aturan perjalanan di luar negeri, seperti di Malaysia dan Singapura, menjadi salah satu faktor yang membuat permintaan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok, Jakarta Utara, meningkat.

"Peningkatan hampir dua kali lipat dari sebelum pelonggaran, mungkin karena COVID-19 juga sudah melandai," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok Abdi Widodo Subagio saat ditemui di kantornya, Senin.

Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok, Jakarta Utara mencatat dari Maret hingga 18 Mei 2022 sudah menerbitkan sekitar 4.437 paspor.

Meski permintaan meningkat kondisi di lapangan tidak mengalami kendala termasuk soal  blanko paspor yang jumlahnya masih mencukupi yakni masih tersisa sekitar 7.792  hingga 18 Mei 2022.

Pelayanan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok juga diakui cepat oleh solois Sendy Ariani saat mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok, dalam keterangannya yang diterima awak media di Jakarta Utara pada Senin (30/5).

"Prosesnya cepat banget, pas aku sampai langsung ditangani sama satpam, sehabis itu ke staf imigrasinya buat ambil pendaftaran, sehabis itu langsung foto, tanda tangan, tanda tangan, sudah selesai. Cepat banget sih," kata mantan personel JKT48 itu.

Sendy mengatakan perlu memperpanjang paspor karena sebentar lagi mau habis masa berlakunya, dan kebetulan mendapat tawaran menyanyi ke luar negeri.

"Masih dua bulan lagi sih habisnya, cuma persiapan saja karena kemarin itu sempat ada kayak tawaran menyanyi ke luar negeri juga. Jadi biar enggak keburu-buru, begitu. Jadi aku datang ke Imigrasi Tanjung Priok biar paspornya cepat jadi juga sih, begitu," kata Sendy.

Sendy mengatakan alasan mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok karena sangat cepat layanannya.

"Kalau di sini, sat set sat set begitu lho," kata Sendy.

Selain itu, dilihat dari gedungnya saja, memang agak besar. Terus alat pengatur kondisi udaranya juga dingin sehingga membuat orang yang menunggu pelayanan paspor menjadi nyaman di sana.

"Buat teman-teman aku nih, yang lagi niat ke luar negeri, jangan lupa kalau yang dekat sini rumahnya, meskipun di Jakarta Timur mungkin, Jakarta mana-mana, datang saja ke Tanjung Priok. Jangan lupa di Imigrasi Tanjung Priok, pelayanannya ramah, cepat, dan protokol kesehatannya benar-benar terjaga di sini, bersih juga," kata Sendy.
Baca juga: Kemenkumham DKI ingatkan imigran wajib paham hak dan kewajiban
Baca juga: Kantor Imigrasi Jakarta Selatan raih penghargaan pelayanan publik kategori Pelayanan Prima
Baca juga: Imigrasi Jakut amankan 18 WNA di Apartemen Gading Nias Residence

 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022