Lebak (ANTARA News) - Ribuan penumpang yang hendak menuju Parungpanjang-Serpong-Tanah Abang-Jakarta terlantar di Stasiun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, menyusul anjloknya kereta api barang di kilometer 79 antara Stasiun Rangkasbitung-Citeras yang menghambat perjalanan kereta lain.

Kepala Stasiun KA Rangkasbitung, Mamat Surohmat, Senin mengatakan, setidaknya ada tiga perjalanan kereta api penumpang Rangkasbitung-Jakarta yang terhambat akibat anjloknya kereta api pengangkut pupuk dari Tanjung Priok yang hendak menuju Cigading, Cilegon.

KA barant itu anjlok sekitar pukul 12.25 WIB dan saat ini masih diperbaiki dengan mendatangkan petugas Dipo Rangkasbitung.

Menurut dia, anjloknya KA barang dengan Lokomotif CC 2018901 yang berangkat dari Tanah Abang pukul 09.30 WIB dan dijadwalkan tiba di Cilegon pukul 14.00 WIB itu menyebabkan perjalanan kereta api penumpang menuju Stasiun Serpong-Kebayoran-Tanahabang-Jakarta terganggu.

Perjalanan KA Rangkasbitung-Jakarta yang rencananya berangkat pukul 13.00 WIB terpaksa dibatalkan.

Mamat mengimbau penumpang yang batal dan sudah membeli tiket untuk menukarkan kembali atau menunggu jalur normal kembali.

Dia menyebutkan, akibat peristiwa itu dipekirakan ribuan penumpang KA di Stasiun Rangkasbitung menumpuk dan diperkirakan mereka kemungkina bisa diberangkatkan sekitar pukul 16.00 WIB.

"Kami berharap penumpang yang hendak menuju Jakarta naik angkutan bus karena saat ini masih dalam perbaikan," katanya.

Sementara salah seorang penumpang, Abdurohim (45), mengaku dirinya terpaksa membatalkan perjalanannya dengan kereta api ke Jakarta. "Semestinya, petugas KA bertindak cepat mengatasi gangguan anjlok itu sehingga penumpang tidak telantar."

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012