Sangihe, Sulut (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Wandu Labesi meminta warga di daerah itu tetap waspada sehubungan dengan status Gunung Awu yang masih Siaga (level 3).

"Saat ini, status Gunung Awu masih siaga level 3, sehingga warga diminta tetap waspada," kata Wandu Labesi di Tahuna, Sulawesi Utara, Selasa.

Baca juga: Status Gunung Awu di Sangihe Sulut Siaga, BPBD minta warga waspada

Menurut dia, dengan status Gunung Awu tersebut, warga dilarang beraktivitas terlalu dekat dengan puncak gunung berapi tersebut.

"Kami masih melarang warga beraktivitas di wilayah sekitar 3,5 kilometer dari puncak Gunung Awu," kata dia.

Baca juga: Status Gunung Awu di Sangihe Sulut naik ke Waspada

Menurut dia, dalam kondisi level 3 saat ini, BPBD Sangihe minta warga beraktivitas seperti biasa sambil tetap meningkatkan kewaspadaan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar beraktivitas seperti biasa di luar kawasan 3,5 kilometer dari puncak Gunung Awu sambil tetap waspada," kata dia.

Baca juga: Potensi erupsi Gunung Awu Sulut dipantau

Dia juga meminta, warga agar tidak mempercayai berbagai informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya selain dari pemerintah.

"Pemerintah secara berjenjang akan memberikan informasi kepada masyarakat terhadap status Gunung Awu termasuk langkah yang harus dilakukan oleh masyarakat," kata dia.

Baca juga: Warga Sangihe dilarang berada di radius 3,5 km dari puncak Gunung Awu
Baca juga: Badan Geologi naikkan status Gunung Awu di Sulawesi Utara

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022