Yogyakarta (ANTARA News) - Seorang pekerja pemasang billboard, Aan Widayanto (28), terbakar saat akan memasang papan reklame di kantor BRI Cabang Jalan Pramuka Yogyakarta, Selasa.

Pekerja yang sudah mengerjakan pemasangan billboard di tempat itu sejak sekitar sepakan lalu tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit Hidayatullah, sebelum akhirnya dirujuk ke RS dr Sardjito karena luka bakarnya serius, 80 persen.

"Sebelum terbakar, Aan sedang memasang tangga untuk melakukan pemasangan billboard di lantai dua gedung," kata rekan Aan, Gunawan.

Aan, lanjut dia, kemudian melempar tali ke atas untuk mengikat agar tangganya lebih kuat. Namun tambang yang basah yang dilempar Aan mengenai kabel listrik di pojok gedung.

"Aan pun langsung tersambar listrik, terbakar dan jatuh menggelantung karena terlilit tali," katanya yang juga langsung mendengar suara ledakan yang cukup keras.

Saat ditolong, lanjut Gunawan, Aan sudah pingsan, sedangkan baju dan celana yang dipakainya dalam kondisi terbakar.

Aan dan Gunawan adalah pekerja CV Karya Mandiri dari Kabupaten Sleman yang mengerjakan proyek pemasangan billboard di BRI Jalan Pramuka.

Setelah kejadian tersebut, Kantor Cabang BRI Jalan Pramuka pun langsung ditutup dan lokasi kejadian diberi garis batas polisi.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Sektor Umbulharjo Kompol Iqbal Yudhi mengatakan, polisi akan melakukan penyelidikan atas kejadian tersebut.

"Dari data yang ada, kejadian ini dapat dikatakan sebagai kasus kecelakaan kerja. Tidak ada faktor yang mengindikasikan adanya sabotase," katanya.

(E013)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012