Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Jember (Unej) meluncurkan Taman Edukasi Kebangsaan bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 di lingkungan kampus di Kabupaten Jember itu.

"Taman Edukasi Kebangsaan merupakan sebuah taman edukasi di dalam kampus Unej yang akan menjadi arena pembelajaran tentang sejarah perjuangan bangsa oleh para pendiri bangsa, dengan berbagai latar belakang suku, agama, ras dan daerah," kata Rektor Unej Iwan Taruna di Jember, Jawa Timur, Rabu.

Ia mengatakan Unej menginisiasi Taman Edukasi Kebangsaan sebagai infrastruktur pembelajaran di luar kelas yang edukatif dan kreatif serta menjadi satu-satunya di Indonesia yang ada di perguruan tinggi.

"Hal itu untuk menciptakan generasi unggul yang cinta tanah air dan berkarakter Pancasilais, sesuai dengan Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Statuta Unej," tuturnya.

Menurutnya terdapat 42 mural kebangsaan yang memuat, antara lain para pahlawan nasional dengan disertai kutipan tulisan pendek (quote) semangat kebangsaan, kemudian Presiden RI dari masa ke masa, bangunan ikonik bangsa Indonesia, rumah ibadah semua agama dan rumah adat daerah.

"Melalui mural itu diharapkan akan semakin membangkitkan rasa kebanggaan para pengunjung, utamanya mahasiswa dan pelajar, sebagai bangsa Indonesia, sekaligus membangun semangat kebangsaan berlandaskan Pancasila," tuturnya.

Ia menjelaskan taman edukasi itu sudah dilengkapi dengan teknologi informasi, yakni informasi lengkap dari tiap isi mural dapat diakses secara mudah dengan QR code melalui telepon genggam pengunjung.

"Di samping itu, juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang, seperti Soekarno-Hatta Corner, Asa Corner, jogging track, batu relaksasi, dan taman terbuka untuk berbagai aktivitas kesenian dan kebudayaan di luar ruangan, sehingga sangat representatif untuk kegiatan semua kalangan," katanya.

Berbagai lukisan mural yang terdapat di Taman Edukasi Kebangsaan Unej, di antaranya wajah para pendiri dan tokoh bangsa dari berbagai daerah yang ikut andil dalam perjuangan kemerdekaan dan pembangunan Indonesia, gedung yang menjadi landmark nasional, dan rumah adat serta tarian dari berbagai daerah.

"Mari kunjungi dan berwisata edukasi ke Taman Edukasi Kebangsaan Unej karena Taman Edukasi Kebangsaan sangat representatif untuk kegiatan warga Unej maupun pengunjung umum," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022