Jakarta (ANTARA News) - Direktur Indonesia Maritime Institute, Y Paonganan mengharapkan, agar Profesor Stephen Oppenheimer dari Oxford University, mengungkap misteri kejayaan maritim Indonesia.

Paonganan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu, mengatakan harapan tersebut terkait dengan rencana kedatangan Prof Oppenheimer sebagai pembicara utama (Keynote Speaker) pada 4th International Conference on Indonesian Studies, 9-11 Pebruari 2012 di Denpasar, Bali.

Menurut Paonganan, informasi rencana kedatangan penulis buku "Eden of The East" yang legendaris itu berasal dari Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia, Bambang Wibawarta tentang penyelenggaran 4th International Conference on Indonesian Studies tersebut.

Dia menyambut baik rencana kedatangan Profesor Oppenheimer dan berharap dapat menyibak sejarah kejayaan maritim Indonesia yang belum banyak diungkap.

"Bayangkan, di Buku Majapahit: Peradaban Maritim, ditulis Irawan Djoko Nugroho dikatakan bahwa jumlah perahu milik Majapahit ada lebih dari 2.800 buah perahu dan Kerajaan China pada waktu itu hanya 100 buah kapal, sedangkan Kerajaan Portugis hanya 43 buah kapal.

Apalagi, katanya, pada acara di Kantor Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam, Andi Arief, salah satu pakar yang hadir Dr Danny Hilman dari Tim Katastropik menjelaskan secara geologis bahwa ternyata situs Kerajaan Majapahit yang terkubur di Trowulan, terdiri dari 3 lapis peradaban yang berbeda zaman.

"Itu artinya masih banyak sekali misteri yang belum terungkap di Indonesia, termasuk misteri kejayaan maritim," demikian Paonganan.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012